Khawatir Bencana Susulan Apartemen Pollux, HM Rudi: Konstruksi Bangunan Harus Aman

Khawatir Bencana Susulan Apartemen Pollux, HM Rudi: Konstruksi Bangunan Harus Aman

Wali Kota Batam HM Rudi.

Batam - Robohnya dinding pembatas Apartemen Pollux Habibie dengan Perumahan Citra Batam menyebabkan kerusakan beberapa rumah warga yang berhadapan langsung dengan dinding tersebut. 

Wali Kota Batam HM Rudi meminta manajemen Pollux untuk segera melakukan perbaikan dinding pembatas.

Pelaksana proyek juga diminta untuk memastikan bahwa kondisi penahan tanah yang tersisa masih aman agar tidak ada dampak susulan kepada masyarakat.

"Curah hujan masih tinggi, khawatir ada kejadian lagi, maka harus dipastikan kondisi bangunan aman," kata Rudi saat mendatangi lokasi pada Rabu (29/1/2020) malam. 

Insiden ambruknya pagar proyek apartemen Pollux Meisterstadt Batam di Perumahan Citra Batam disebut manajemen hunian vertikal itu akibat hujan deras dan drainase yang belum terhubung langsung dengan drainase utama sehingga menimbulkan bencana.

Rudi juga meminta Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air untuk mengawal pihak manajemen. 

"Ini agar mengambil langkah cepat memaksimalkan pembersihan dan memastikan juga kekuatan konstruksi yang ada,” kata Rudi.

Pengembang kawasan megasuperblok ini telah bersama-sama warga dan Pemerintah Kota Batam berkoordinasi mengatasi bencana ini.

General Manager Pollux Meisterstadt Batam Richie Laseduw mengungkapkan tak lama setelah insiden tersebut, perseroan sudah bergerak cepat menurunkan tim membersihkan puing-puing pagar. 

Richie menyebut penyebab ambruknya pagar proyek tersebut, dipastikan adalah musibah fisik yang sifatnya force majeur

"Kami sudah mengkoordinasikan langkah-langkah setelah bencana pagar ambruk. Termasuk berdialog dengan Wali Kota Batam yang meninjau lokasi di saat kejadian," ujarnya. 

Langkah yang ditempuh Pollux juga termasuk menjamin menanggung kerugian yang dialami warga akibat bencana ini. 

Manajemen sudah menunjuk kontraktor untuk mengkonstruksi pagar beton dan drainase yang lebih besar, pekerjaan ini dilaksanakan mulai Kamis (30/1/2020) kemarin.

"Perseroan berkomitmen terus menjamin pembangunan proyek investasi ini dengan senantiasa mengutamakan aspek keamanan dan keselamatan baik kepada pekerja proyek dan warga sekitar," pungkasnya.

(das)