DLH Cek Amdal Bangunan Pollux Habibie

DLH Cek Amdal Bangunan Pollux Habibie

Pollux Habibie.

Batam - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam, Herman Rozie mengatakan akan meninjau Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) yang diberikan kepada pengembang apartemen Pollux Habibie. Hal ini menyusul ambruknya bangunan pembatas lokasi proyek.

"Amdal itu kajian lingkungannya, kami akan cek," ujar Herman saat ditemui di Sekupang, Kamis (30/1/2020).

Ia menjelaskan rekomendasi itu diberikan tercakup dalam Rencana Pengelolaan Lingkungan/Rencana Pemantauan Lingkungan (RKL/RPL). Mereka akan memastikan rekomendasi yang diberikan sudah sesuai.

Namun selain itu pihaknya mempertimbangkan faktor lain, seperti dari segi konstruksi bangunan.  "Kami belum tahu konstruksinya sesuai atau tidak, bisa saja kontruksinya tidak benar," katanya.

Kemudian faktor lainnya berupa kondisi alam yang masuk kategori force majeure, menurutnya bisa saja, kalau tidak sesuai, hal tak diinginkan bisa terjadi kepada bangunan Apartemen Polllux tersebut.

Oleh karena itu, pihaknya memastikan dan petugas sudah turun ke lapangan.  "Bisa jadi semua sudah benar, tetapi kondisi alam di luar kendali kita," ucapnya.

Sebelumnya, bangunan berupa pagar pembatas di Apartemen Pollux Habibie, Batam Centre ambruk akibat tekanan air saat Batam dilanda hujan deras. Material bangunan menghantam sejumlah rumah di perumahan Citra Batam, Rabu (29/1/2020) sore.

(ret)