Disparbud Yakin Isu Virus Corona Tak Pengaruhi Pariwisata Bintan

Disparbud Yakin Isu Virus Corona Tak Pengaruhi Pariwisata Bintan

Dua wisman asal China yang sempat menjalani pemeriksaan medis di Bintan karena menunjukkan gejala terpapar Virus Corona.

Bintan - Wilayah Bintan dinilai masih aman dengan wabah penyakit misterius atau Pneumonia yang disebabkan oleh Virus Corona (nCoV). 

Isu penyakit Pneumonia tidak berpengaruh terhadap kunjungan wisatawan mancanegara ke Bintan. Ini membuktikan jika Bintan masih sangat aman dan nyaman untuk dikunjungi.

“ibu dan anak asal Kota Wuhan, China yang diperiksa oleh tim medis RSUD Bintan di Kijang, Kecamatan Bintan Timur dipastikan negatif terhadap virus corona. Jadi tidak terbukti kalau virus itu sampai sini,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bintan,  Wan Rudi Iskandar, Kamis (23/1/2020).

Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan wilayah ini, Disbudpar Bintan berkoordinasi dengan seluruh pihak untuk pengawasan dan pengecekan wisman.

“Untuk alat pengecekan sudah ada di pelabuhan. Untuk soal dugaan virus ini dapat dideteksi awal dari suhu badan. Hal itu akan mudah dideteksi,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Bintan, dr Gama AF Isnaini meminta kepada masyarakat umum dan pekerja di sektor pariwisata maupun industri untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. 

“Virus ini kan menyerang kekebalan tubuh, jadi daya tahan tubuh penangkalnya,” katanya.

Dari jumlah kasus yang ada di dunia, lanjutnya, di Indonesia belum ada ditemukan, namun di Singapura sudah ada ditemukan dugaan kasus tersebut. Untuk angka kasus virus corona paling banyak terdapat di Provinsi Wuhan China.

“Sampai saat ini kita terus berkoordinasi dengan semua pihak. Tujuannya untuk mengantisipasi serta menangkal agar virus itu tak masuk ke wilayah ini,” ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews