KPPU Fokuskan Perhatian Pada Tiga Sektor Ini

KPPU Fokuskan Perhatian Pada Tiga Sektor Ini

Jumpa pers KPPU di Batam. (foto: iskandar)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) akan memfokuskan tiga sektor dalam menghadapi dunia usaha dan menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pada 2016 mendatang.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua KPPU RI Dr Muhammad Syarkawi Rauf, SE, ME di Kantor KPPU Batam, Gedung Graha Pena, Jumat (7/8/2015). Ia mengatakan, saat ini KPPU fokus pada tiga sektor seperti perbankan, pangan dan logistik.

Muhammad Syarkawi Rauf mengatakan, sektor perbankan merupakan sektor perekonomian yang sangat vital. Perbankan RI harus bisa bersaing negara-negara lain seperti Singapura.

Setelah itu, sektor pangan. Ketua KPPU mengatakan akan fokus mengawal mafia pangan. "KPPU pernah menghukum 19 importir bawang putih yang sengaja membatasi pasokan bawang putih sehingga terjadi kelangkaan," tuturnya.

Sektor yang ketiga yakni logistik. Di Indonesia pelaku usaha 25 persen terbebani oleh logistik. Sementara, di luar negeri biaya logistik sangat kecil.

Syarkawi mencontohkan seperti yang terjadi mark up pembangunan jalan. Tender di mark up 30 persen, ini karena persengkokolan dengan sengaja memenangkan salah satu pemenang tender.

Tambah Syarkawi, selain ketiga sektor tersebut yang tidak kalah pentingnya yakni sektor pendidikan dan kesehatan. "Tapi kita akan fokuskan ketiga sektor tersebut terlebih dahulu," tutupnya.

(isk)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews