Satlantas Polres Bintan Segera Luncurkan Aplikasi PCS 119 Bintan

Satlantas Polres Bintan Segera Luncurkan Aplikasi PCS 119 Bintan

Kasatlantas Polres Bintan, AKP Rendi Johan Prasetyo. (Foto: Batamnews)

Bintan - Satlantas Polres Bintan segera meluncurkan Program Sistem Kedaruratan (Si Atan) untuk merespon segala bentuk aktivitas maupun inisiden lalu-lintas.

Dengan program ini, polisi akan mengkoneksikan ponsel pintar (android) dengan Traffic Management Center (TMC) Polres Bintan.

Kasatlantas Polres Bintan, AKP Rendi Johan Prasetyo mengatakan dalam waktu dekat pihak kepolisian akan segera melaksanakan program Si Atan untuk memberikan bantuan cepat tanggap atau respon kepada pengguna jalan raya atau korban kecelakaan lalulintas (lakalantas).

“Melalui program Si Atan ini, kita akan luncurkan sebuah aplikasi bernama PCS 119 Bintan. Aplikasi ini segera dilaunching,” ujar Rendi, Kamis (16/1/2020).

Dijelaskannya, PCS 119 Bintan ini merupakan aplikasi informasi yang terkoneksi dengan ruangan monitor TMC Polres Bintan.

Sedangkan TMC itu sendiri merupakan ruangan monitor yang merekam suatu aktivitas ataupun insiden kecelakaan lalulintas (lakalantas) melalui CCTv yang dipasang di 8 titik.

“Jadi rekaman dari TMC itu akan dipublikasikan secara langsung ke android melalui aplikasi PCS 119 Bintan,” jelasnya.

Aplikasi PCS 119 Bintan ini, kata Rendi, lebih menekankan kepada respon cepat (quick respon) ketika terjadi kegawatdaruratan. Untuk mendapatkan aplikasi ini bisa di download di playstore.

Meskipun aplikasi tersebut bisa di download namun belum dapat digunakan saat ini. Pihaknya sedang melakukan pelatihan untuk menyatukan dan memperpadukan polisi dengan petugas medis puskesmas maupun rumah sakit.

“Jadi kita ingin tugas polisi dan petugas medis bisa saling keterpaduan dalam respon cepat dalam kegawatdaruratan,” ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews