Aktifkan TMC, Polres Bintan Pasang CCTV di 8 Titik Persimpangan

Aktifkan TMC, Polres Bintan Pasang CCTV di 8 Titik Persimpangan

Pos Lantas Batu 16 telah dipasang CCTV untuk memantau arus lalu-lintas arah Tanjungpinang-Pantai Trikora dan Kijang-Tanjunguban. (Foto: Ary/Batamnews)

Bintan - Satlantas Polres Bintan segera meluncurkan program barunya untuk memantau arus lalu-lintas di lokasi keramaian dan rawan insiden kecelakaan lalu-lintas. Program itu bernama Traffic Management Center (TMC) Polres Bintan.

Kasatlantas Polres Bintan, AKP Rendi Johan Prasetyo mengatakan TMC Polres Bintan ini sebenarnya sebuah ruangan yang berfungsi mengakomodir informasi yang terekam oleh Closed Circuit Television (CCTV).

"Ruangannya itu tersendiri. Sebelah Kantor Pos Kota Satlantas Polres Bintan di Jago, Tanjunguban Utara," ujar Rendi di Bintan Buyu, Rabu (15/1/2020).

CCTV itu telah dipasang di 8 titik lokasi antara lain Simpang Pelabuhan Bulang Linggi Tanjunguban, Simpang Pelabuhan ASDP Tanjunguban, Simpang Makam Pahlawan Dwikora Tanjunguban, dan Simpang Desa Penaga Teluk Bintan.

Lalu, Simpang Masuk Lagoi, Simpang Tiga Dalam Lagoi, Simpang Batu 16 Lintas Barat, serta Area Pelabuhan Sri Bayintan Kijang.

"CCTV ini langsung conecting ke Ruangan TMC. Namun sekarang kita sedang pemeliharaan (maintenance) untuk tingkatkan kualitas pencitraannya," jelasnya.

Melalui CCTV ini pihaknya dapat memonitor arus lalu-lintas dan aktivitas orang. Apabila di lokasi-lokasi tersebut ada keramaian yang berpotensi kemacetan ataupun gangguan lalulintas bisa segera direspons.

Selain itu juga, dapat diefektifkan seperti memonitor rekam jejak dari kasus kecelakaan maupun aksi kejahatan. "CCTV juga bisa menjadi petunjuk dalam kasus-kasus," ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews