Baru 17 Ribu Anak di Tanjungpinang Miliki Kartu Indentitas

Baru 17 Ribu Anak di Tanjungpinang Miliki Kartu Indentitas

Ilustrasi.

Tanjungpinang - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tanjungpinang mencatat sepanjang tahun 2019  penerbitan kartu indentitas anak (KIA) hanya terealisasi 22,6 persen.

Kadisdukcapil Kota Tanjungpinang, Irianto mengatakan, saat ini pihaknya baru menerbitkan kartu indentitas anak sebanyak 17.800 anak dari jumlah sebanyak 72.865 anak di berumur dibawah 17 tahun di Tanjungpinang.

"Untuk mendorong target nasional dalam percetakan Kartu Identitas Anak (KIA) pada tahun 2020 ini, kami akan memasang alat cetak KIA mandiri," kata Irianto, Senin (13/1/2020).

Irianto optimis di tahun ini penerbitan KIA bisa mencapai 50 persen, sebab, baru-baru ini pihaknya melakukan penambahan dua alat cetak dan pekerja untuk membantu percepatan percetakan.

"Untuk tahun ini insya Allah bisa tembus di angka 50 persen. Untuk mencapai target itu kami upaya jemput bola dan berkerjasama dengan pihak-pihak sekolah," sebutnya.

Ia menuturkan, bahwa Disdukcapil telah berkerjasama sama dengan pihak sekolah dalam pendataan dan saat ini masih berjalan.

"Masih ada beberapa sekolah masih belum selesai dan kami harapkan ditahun ini sudah selesai," ujarnya.

Dalam upaya mencapai target nasional itu pihaknya berencana membeli alat anjungan KIA Mandiri yang akan ditempatkan di sekolah dan mal di Tanjungpinang.

"Nantinya ada juga petugas melakukan pendampingan disana, jadi masyarakat tidak perlu datang ke kantor Disdukcapil, bisa melakukan percetakan sendiri," jelasnya.

Melalui anjungan KIA mandiri itu masyarakat cukup membawa persyaratan berupa Kartu Keluarga (KK), akta kelahiran dan foto.

"Hanya membutuhkan sidik jari orang tua dari anak saja. Kami juga mengajak partisipasi dari orang tua untuk datang membuat KIA untuk anaknya," anaknya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews