ISIS Mulai Teror Arab Saudi, Klaim Bom yang Meledak di Sebuah Masjid

Pasukan ISIS

BATAMNEWS.CO.ID, Riyadh - Sebuah bom menyerang sebuah masjid di Arab Saudi yang menyebabkan 15 orang tewas (sebelumnya ditulis 17, -red). Kelompok ISIS menyatakan bahwa mereka yang melakukan serangan tersebut

Seorang pejabat berwenang setempat menyatakan kepada CNN, Jumat (7/8/2015) bahwa masjid di Abha yang diserang itu terletak dekat dengan perbatasan Yaman dan sering digunakan oleh pasukan keamanan.

Kelompok ISIS tersebut sebelumnya sudah mengklaim 2 serangan mematikan pada masjid syiah di bulan Mei lalu. Tahun lalu ISIS meminta pengikutnya di Saudi untuk menabur kebencian terhadap kelompok Syiah yang minoritas. 

Pejabat terkait di Saudi mengatakan bahwa bom terakhir yang meledak terjadi pada saat aparat keamanan tengah melakukan salat. Jubir Kemendagri Arab Saudi Mayjen Mansour al-Turki berkata, bahwa temuan awal dari investigasi menunjukkan kalau pelaku bom bunuh diri mengenakan sabuk yang bisa meledak.

Awalnya korban tercatat sebanyak 13 orang, namun kemudian Kemendagri setempat kemudian memberi keterangan bahwa 2 korban luka pun meninggal dunia. Sementara itu di bulan Mei lalu bom bunuh diri pada masjid Syiah di Qatif menyebabkan 21 orang meninggal dunia. Sepekan kemudian serangan berikutnya di sebuah masjid Syiah di Dammam membunuh 4 korban. 

Bulan lalu otoritas Saudi menahan 431 tersangka anggota ISIS. Mereka diduga telah diplot untuk melakukan serangan ke pasukan keamanan dan masjid di berbagai wilayah negara tersebut. 

sumber: detik.com

 

[snw]

SHARE US :