UN Terakhir di Era Mendikbud Baru, 40 SLTP Bersiap UNBK di Karimun

UN Terakhir di Era Mendikbud Baru, 40 SLTP Bersiap UNBK di Karimun

UNBK. (Foto: ilustrasi/net)

Karimun - Sebanyak 40 SLTP (SMP dan Mts) di Kabupaten Karimun bersiap menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada April 2020 mendatang.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, Riza Kurniati menyebut momen ini menjadi tahun terakhir penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) dengan format seperti yang berlangsung selama ini.

"Kita sudah mulai melakukan persiapan untuk pelaksanaan UN dengan melakukan pendataan sekolah dan jumlah siswa peserta ujian. Untuk UN tahun 2020 ini terakhir," Sekretaris Dinas Pendidikan Karimun Riza Kurniati  Senin (6/1/2020).

Setelah itu, mulai tahun 2021 UN akan diganti dengan Assesstmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter.

Adapun pelaksanaan pengganti UN mulai 2021 akan tetap dilaksanakan berbasis komputer sebagaimana UNBK.

Sejauh ini, sekitar 40 dari 60 SLTP sudah dipastikan akan mengikuti UNBK.

"Sejauh ini ada 40 sekolah, mungkin bisa lebih. Karena kita masih mendata dan beberapa hari ke depan baru menerima kepastiannya. Untuk yang belum bisa melaksanakan UNBK itu rata- rata di pulau, karena disana terkendala oleh jaringan internet," katanya.

Ia menyebutkan, UNBK nantinya akan digelar dalam dua kategori. Ada yang melaksanakan secara mandiri dan ada juga dengan menumpang sekolah lain.

"Ada sejumlah sekolah yang melaksanakan secara mandiri, dan sebagian lainnya dengan menumpang sekolah lain. Itu karena sarana dan prasarana yang masih belum memadai," ujarnya.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews