4 Tips Efektif Lekas Kaya Bagi Generasi Milenial

4 Tips Efektif Lekas Kaya Bagi Generasi Milenial

Ilustrasi.

Anggota komunitas keuangan milenial, Grant Sabatier, mengungkapkan cara Anda bisa mendapatkan uang sebesar USD 10.000 atau Rp 139 juta di usia muda. Dia pun bercerita, saat dia berumur 20-an, dia dipandang sebagai remaja yang tampak suram dan tak memiliki masa depan.

Namun, kini di usianya yang ke-35, dia mampu menghasilkan kekayaan sebesar USD 1 juta atau Rp 13 miliar (asumsi Rp 13.961 per USD). Dia juga baru saja menerbitkan buku pertamanya, yakni "Kebebasan Finansial."

Menurutnya, memikirkan cara mendapatkan uang banyak hanya akan membuat diri Anda pusing. Maka Anda harus rajin dalam mengatur pengeluaran setiap hari.

Dia optimistis, bahwa kaum milenial bisa mendapatkan atau mengumpulkan uang hingga USD 10.000, meskipun itu tergantung gaji. Itu juga semua tergantung pada kebiasaan gaya hidup dan kemahiran dalam berinvestasi.

"Buat saja beberapa perubahan ini selama enam bulan ke depan untuk mendapatkan USD 10.000," kata Sabatier, dikutip dari laman CNBC.com, Sabtu (28/12/2019).

Dia memaparkan hal-hal apa saja yang mampu mendorong Anda agar bisa mengumpulkan uang hingga USD 10.000 secara mudah.

 

1. Cepat Berinvestasi

Salah satu hal tersulit dalam memulai, adalah bahwa Anda belum memiliki kebiasaan. Saat Anda membangun kebiasaan, pertumbuhan keuangan memang akan lebih lambat.

Namun, hal itu akan berubah seiring berjalannya waktu. "Semakin kecil saldo investasi Anda, semakin lambat uang Anda tumbuh," kata Sabatier.

 

2. Hemat Uang Lebih Banyak dengan Metode Persentase

Anda dapat memikirkan uang dalam salah satu dari dua cara: dalam bentuk dolar maupun Rupiah, atau dalam persentase. Menggunakan persentase memungkinkan Anda, menipu diri sendiri untuk menabung lebih banyak tapi Anda tak merasakan ada perubahan.

Alih-alih mengatakan Anda akan menghemat USD 300 atau Rp 4 juta lebih banyak setiap bulan, akan lebih tenang jika Anda menyebut besaran penghematan dalam persenan. Misal 1 persen dari pendapatan akan Anda alokasikan untuk tabungan.

 

3. Investasikan Uang dari Kerja Sambilan

Sabatier menghasilkan USD 60 atau Rp 800.000, saat merawat kucing tetangganya. Alih-alih membelanjakannya, dia langsung memasukkannya ke akun brokernya. Itu adalah cara lain untuk meningkatkan tabungan Anda secara manual.

"Setiap dolar yang Anda hasilkan di kerja sambilan, investasikan secepat mungkin, Karena Anda ingin mendapatkan uang ekstra yang Anda hasilkan untuk mulai bekerja secepat mungkin."

 

4. Investasi Adalah Kunci

Sabatier mengungkapkan kesimpulan dari seluruh strateginya tersebut ialah pada kata investasi.

Bahkan, dirinya terobsesi dengan memeriksa kekayaan bersihnya setiap hari. Jika jumlah kekayaan dalam akun investasinya USD 7.987, dia akan menyisihkan uang USD 13 untuk diinvestasikan hanya demi membulatkannya. "Aku sedikit OCD," katanya.

Intinya adalah Anda sebagai kaum milenial bisa menggunakan pola pikir untuk mendapatkan uang tambahan ke akun investasi Anda.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews