Isdianto Peringatkan Kepala OPD Kerja Maksimal Usai Serahkan DPA

Isdianto Peringatkan Kepala OPD Kerja Maksimal Usai Serahkan DPA

Penyerahan DPA tahun anggaran 2020 kepada kepala OPD Pemprov Kepri oleh Plt Gubernur Kepri, Isdianto. (Foto: Sutana/Batamnews)

Tanjungpinang - Plt Gubernur Kepri Isdianto menyerahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) APBD Provinsi Kepri Tahun Anggaran 2020 kepada Kepala OPD Provinsi Kepri bertempat di Aula Wan Seri Beni,

Dalam sambutannya, Isdianto menegaskan kepada seluruh jajaran OPD setelah menerima DPA harus segera memulai pekerjaan yang sudah direncanakan.

"Tunjukkan kita bekerja dan berikan hasil yang terbaik untuk masyarakat, buat masyarakat merasakan benar pembangunan yang kita kerjakan," ujar Isdianto di Kantor Gubernur Kepri, Jumat (27/12/2019).

Isdianto juga menyampaikan sejumlah arahan antara lain untuk mempercepat proses adiministrasi di OPD, mempercepat proses pengadaan barang jasa dan pelelangan secara elektronik

Ia juga meminta OPD mempercepat penyerapan anggaran untuk menghindari penumpukan anggaran di akhir tahun. "Bagi PA dan KPA agar menggunakan aplikasi Sirup untuk mengumumkan hasil pekerjaan dan melaporkan secara periodik dengan mengacu pada target kinerja yang telah ditetapkan," ujarnya.

"Ini pengalaman yang terjadi, jangan sampai ke depan terjadi keterlambatan, terburu-buru bahkan tidak berjalan, maka setelah kita terima DPA ini segera bekerja," tambah dia.

Isdianto juga menekankan akan selalu memantau dan mengecek setiap kegiatan terlebih pekerjaan fisik dan proyek-proyek strategis lainnya.

"Hasil yang didapatkan akan maksimal jika kita segera bekerja, mulai sedini mungkin serta pengawasan secara maksimal," tambah Isdianto lagi.

Terakhir, Isdianto mengapresiasi kerja keras semua pihak, baik TAPD, DPRD serta seluruh jajaran OPD sehingga perjalanan APBD 2020 lancar dan ini terbukti dengan penyerahan DPA tepat waktu.

Sementara itu, Sekdaprov Kepri TS Arif Fadillah melaporkan untuk penyerahan DPA ini dilakukan setelah APBD TA 2020 ditetapkan melalui Perda Nomor 4 Tahun 2019.

Arif menyampaikan secara ringkas rincian APBD TA 2020 yang sebesar Rp 3,957 T. Pendapatan sebesar Rp 3,882 T, belanja sebesar Rp 3,957 T dan Pembiayaan Netto sebesar Rp 75 M.

"Sedangkan untuk total belanja tersebut membiayai program kegiatan yakni Belanja Langsung sebesar Rp 1,958 T dan Belanja Tidak Langsung sebesar Rp 1,999 T," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan Penandatanganan Perjanjian Kinerja (PK) antara Plt Gubernur bersama seluruh Kepala OPD.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews