Ini Persiapan Bandara Hang Nadim Hadapi Natal dan Tahun Baru

Ini Persiapan Bandara Hang Nadim Hadapi Natal dan Tahun Baru

Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Batam, Suwarso.

Batam - Pengelola Bandara Hang Nadim mulai berbenah menghadapi mudik Natal dan Tahun Baru yang semakin dekat. Keamanan penerbangan menjadi prioritas utama.

Direktur Badan Usaha Bandar Udara Hang Nadim Batam, Suwarso mengatakan pihaknya juga telah melakukan ramp check (pemeriksaan kelaikan) bandara yang diawasi oleh Kantor Otoritas Bandar Udara wilayah 2 Medan. 

"Untuk persiapan Natal dan Tahun Baru, kami dari internal bandara menyatakan siap, baik peralatan maupun personel," katanya, Kamis (28/11/2019).

Selain ramp check Bandara Internasional Hang Nadim Batam juga akan mendirikan tiga posko keamanan yang didirikan di wilayah bandara. 

Dua posko gabungan akan diletakkan di luar bandara sebagai keamanan dan satu posko di dalam khusus internal Bandara sebagai pelaporan. 

"Untuk kesiapan tenaga Avsec sudah clear aman. Kita akan kerjasama dengan Kapolsek Nongsa," ujarnya. 

Tinggal hitungan minggu, namun menurut Suwarso sampai saat ini belum ada permintaan dari maskapai penerbangan untuk menambah penerbangan pada akhir tahun. 

Saat ini pihak Bandara menunggu informasi dari Kementerian Perhubungan jika ada permintaan penambahan extra flight dari pusat. 

"Menhub akan mengadakan rapat koordinasi dengan seluruh bandara tentang kesiapan dan metode apa yang diarahkan. Kita juga masih menunggu jika sudah ada secara nasional pengajuan penambahan," terangnya. 

Momen puncak pada mudik Natal dan tahun baru 2019, diperkirakan akan terjadi pada tanggal 22 Desember 2019 untuk keberangkatan. Sementara 3 Januari 2020 untuk arus balik. 

Pada musim mudik tahun ini rute penerbangan Jakarta masih akan mendominasi jalur mudik penumpang. 

"Kita Batam - Medan 3 penerbangan, Pekanbaru 3 penerbangan, Padang pun 3 penerbanga sama. Karena rute terbanyak Jakarta, jadi masih didominasi rute tersebut," tutupnya. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews