Pelabuhan Pelni Batam Pindah Lagi ke Sekupang, Beroperasi Jelang Natal

Aktivitas penumpang di Pelabuhan Batuampar. Pelabuhan Pelni akan segera berpindah ke Sekupang lagi. (Foto: Batamnews)

Batam - Pelabuhan Pelni Batuampar akan segera dipindahkan ke Pelabuhan Sekupang pada akhir tahun 2019 ini. Sampai saat ini proses pemindahan masih berlangsung. 

Direktur Promosi dan Humas Badan Pengusahaan (BP) Batam, Dendi Gustinandar mengatakan, targetnya mendekati Natal pelabuhan itu sudah bisa digeser kembali ke Sekupang. 

"Dari operasional pelabuhan sedang mempersiapkan beberapa hal yang dibutuhkan untuk pemindahan tersebut. BP Batam juga telah berkomunikasi dengan Pelni, terkait pemindahan ini," katanya. 

Termasuk lanjut Dendi, pengangkutan penumpang jelang Natal atau Tahun Baru sudah bisa berlangsung di Sekupang. Selama ini keberadaan Pelabuhan Pelni di Batuampar mendapat keluhan masyarakat karena tempat tidak layak untuk dijadikan pelabuhan penumpang kapal.

Pemidahan ini juga berdasarkan permintaan Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi yang berkunjung ke Batam beberapa waktu lalu. Budi memang menemukan banyaknya keluhan penumpang terkait pelabuhan Pelni di Batu Ampar. 

Beberapa hal yang menjadi keluhan penumpang adalah pelabuhan penyebrangan penumpang ke berbagai daerah ini satu tempat dengan pelabuhan kargo. Membuat tingkat risiko kepada penumpang juga sangat tinggi.

Selain itu tidak terdapatnya tranportasi di pelabuhan. Sedangkan di Sekupang sudah ada Bus Trans Batam. 

(tan)