Liverpool Melaju ke Final Piala Dunia Antarklub

Liverpool Melaju ke Final Piala Dunia Antarklub

Gelandang Liverpool Naby Keita (kanan) mencetak gol ke gawang Monterrey di semifinal Piala Dunia Antarklub, di Qatar. (Foto: AP)

Doha - Liverpool memastikan tampil di final Piala Dunia Antarklub 2019. Kepastian itu menyusul kemenangan 2-1 dalam laga semifinal kontra Monterrey di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar, Kamis dini hari WIB (19/12/2019).

Dilansir Bola.com, dua gol Liverpool pada laga ini dihasilkan lewat Naby Keita dan pemain pengganti Roberto Firmino. Sedangkan gol Menterrey hasil kontribusi Rogerio Funes Muri.

Dalam pertandingan ini, Liverpool tidak memainkan Sadio Mane dan Roberto Firmino sejak awal. Pelatih Liverpool. Jurgen Klopp, lebih memilih menurunkan Naby Keita dan Divock Origi untuk menemani Mohamed Salah di lini depan.

Meski begitu, trio penyerang ini mampu merepotkan lini pertahanan Monterrey. Terbukti, di menit ke-11 Keita mencetak gol setelah memanfaatkan umpan terobosan Salah di kotak penalti.

Keunggulan Liverpool tidak bertahan lama. Tiga menit berselang, Monterrey mampu menyamakan skor. Gol ini berawal dari situasi tendangan bebas yang menciptakan kemelut di kotak penalti.

Alisson memang sigap memblok tendangan pemain Monterrey. Namun, bola liar langsung disambar Rogerio Funes Muri dengan sepakan kaki kiri dan merobek gawang Liverpool.

Skor 1-1 membuat laga makin seru. Liverpool mencoba mendominasi laga. Pada menit ke-23, James Milner hampir mencetak gol kedua The Reds sesudah menerima umpan terobosan Salah. Sayang, arah bola sontekan Milner masih dapat diantisipasi kiper kiper Monterrey Marcelo Barovero.

Monterrey, yang mengandalkan serangan balik, balas mengancam. Di menit ke-27, tendangan keras Dorlan Pabon masih mampu ditepis kiper Alisson.

10 menit kemudian, Alisson kembali harus melakukan penyelamatan untuk menggagalkan sepakan Pabon. Bola muntah gagal dimanfaatkan Funes Mori yang sudah maju terlebih dahulu.

Tiga menit jelang turun minum, Keita berpeluang mencetak gol kedua untuk Liverpool. Tetapi, upayanya masih dapat digagalkan Barovero di kotak penalti. Hingga jeda, skor tetap 1-1.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, baik Liverpool maupun Monterrey belum mengganti pemain. Liverpool mencoba mendominasi jalannya laga, meski dalam tempo lambat.

Namun, justru Monterrey yang berpeluang mencetak gol kedua di menit ke-50. Tetapi, kiper Alisson sambil terbang memblok bola tendangan bebas Pabon.

Liverpool balik mengancam di menit ke-58. Namun, tendangan Nabi Keita setelah melewati dua pemain Monterrey di kotak penalti, masih bisa diblok kiper Barovero.

Tiga menit kemudian, Liverpool mencetak gol lewat Divock Origi. Hanya, gol itu dianulir wasit karena Origi sudah dalam posisi offside saat menerima umpan sundulan dari sepak pojok.

Tak kunjung mencetak gol kedua, Klopp memainkan Sadio Mane pada menit ke-68 menggantikan Xherdan Shaqiri. Di menit ke-74, Origi hampir membawa Liverpool unggul. Tetapi, tendangannya tepat di depan mulut gawang menyambut umpan James Milner, masih melenceng.

Semenit kemudian, Liverpool mengganti pemainnya. Trent Alexander-Arnold masuk menggantikan James Milner. Setelah itu Roberto Firmino masuk di menit ke-85 menggantikan Origi.

Menit ke-90+1, tendangan pelan Firmino menyambut umpan Arnold di kotak penalti tidak dapat diantisipasi kiper Barovero. Liverpool unggul 2-1 dan skor itu bertahan hingga laga usai.

Di partai final, Minggu (22/12/2019), Liverpool akan menghadapi Flamengo, yang melaju ke partai puncak setelah sehari sebelumnya mengalahkan Al Hilal 3-1.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews