Inilah Kepala Daerah di Sumut yang Terjerat Korupsi

Inilah Kepala Daerah di Sumut yang Terjerat Korupsi

Gubernur Sumut Gatot Pujonugroho ditahan KPK. (foto: okezone)

BATAMNEWS.CO.ID, Medan - Belasan kepala daerah di Provinsi Sumatera Utara terjerat kasus korupsi. Belum lagi puluhan pejabat eselon di lingkungan Pemprov Sumut, Pemko Medan dan pemkab-pemkab di Sumut.

Bahkan, Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) mencatat Sumatera Utara sebagai provinsi terkorup di Indonesia pada tahun 2013 berdasarkan hasil ikhtisar audit Badan Pemeriksaan Keuangan.

Berikut daftarnya yang diambil dari berbagai sumber:

1. Drs. H. Ramli, MM. (Wakil Walikota Medan)
Melakukan Tindak Pidana Korupsi dalam perkara pengadaan mobil pemadam kebakaran, Ladder Truck merk Morita oleh Pemerintah Kota Medan tahun anggaran 2005. Tindak Pidana Korupsi (TPK) Penyalahgunaan APBD Pemerintah Kota Medan tahun anggaran 2002-2006. Ditahan tahun 2008.

2. Drs. Abdillah, Ak, MBA (Walikota Medan)
Perkara TPK sehubungan dengan perkara pengadaan mobil pemadam kebakaran, Ladder Truck merk Morita oleh Pemerintah Kota Medan tahun anggaran 2005. Perkara TPK sehubungan dengan Penyalahgunaan APBD Pemerintah Kota Medan tahun 2002-2006. Ditahan tahun 2009.

3. Binahati B. Baeha (Mantan Bupati Nias)
Perkara TPK sehubungan dengan pengelolaan dana penanggulangan bencana alam Nias Tahun 2007. Tahun 2012.

4. Fahuwusa Laila (Mantan Bupati Nias Selatan)
Perkara TPK sehubungan dengan memberikan sesuatu kepada pegawai negeri atau penyelenggara negara dengan maksud supaya pegawai negeri atau penyelenggara negara tersebut berbuat atau tidak berbuat sesuatu dalam jabatannya yang bertentangan dengan kewajibannya. Tahun 2012.

5. Syamsul Arifin (Gubernur Sumatera Utara/Mantan Bupati Langkat)
Perkara TPK sehubungan dengan penyalahgunaan dan pengelolaan kas daerah Kabupaten Langkat serta penyalahgunaan penggunaan APBD Kabupaten Langkat tahun 2000-2007. Ditahan tahun 2012.

6. Robert Edison Siahaan (Walikota Pematang Siantar Periode 2005-2010)
Perkara TPK sehubungan dengan pengelolaan Dana Bantuan Sosial Sekretariat Daerah dan Dana Rehabilitasi /Pemeliharaan Dinas Pekerjaan Umum pada APBD Kota Pematang Siantar TA 2007. Ditahan tahun 2013.

7. Rahudman Harahap (Walikota Medan)
Perkara korupsi dana TPAD Kabupaten Tapsel saat menjabat sebagai Sekda tahun 2004.

8. Pandapotan Kasmin Simanjuntak (Bupati Tobasa)
Terdakwa kasus pembebasan lahan proyek Asahan 3.

9. Gatot Pujo Nugroho (Gubernur Sumut).
Saat ini masih tersangka suap hakim PTUN Medan.

(her/berbagai sumber)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews