SDN 013 Singkep Terima Piagam Bintang Satu Keamanan Pangan Kantin Sekolah

SDN 013 Singkep Terima Piagam Bintang Satu Keamanan Pangan Kantin Sekolah

Perwakilan sekolah dari kabupaten/kota di Kepri yang berhasil menerima Piagam Bintang Keamanan Pangan Kantin Sekolah (PBKPKS) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) Batam (Foto:ist)

Lingga - SDN 013 Singkep, Kabupaten Lingga, yang terletak di Air Salak, Desa Batu Kacang, menerima Piagam Bintang Satu Keamanan Pangan Kantin Sekolah (PBSKPKS) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) Batam, Senin (9/12/2019).

Kepala Desa Batu Kacang, M Suharkopeni mengatakan, dipilihnya SDN 013 Singkep untuk mewakili Kabupaten Lingga pada kesempatan tersebut, karena Desa Batu Kacang masuk dalam program binaan Gerakan Keamanan Pangan Desa (GKPD).

"Apresiasi berupa piagam dari Badan POM ini diberikan karena kantin di SDN 013 Singkep, berubah drastis. Semula kantinnya berdinding seng, dan sekarang sudah semi permanen. Semoga kedepannya bisa permanen dan lebih baik lagi," ucap pria yang akrab disapa Peni ini kepada Batamnews, Kamis (12/12/2019).

Piagam Bintang yang diterima SDN 013 Singkep, Kabupaten Lingga dari Badan POM (Foto:ist)

Ia berharap, Program Intervensi Keamanan PJAS yang merupakan bagian dari GERMAS dapat terus berlangsung dan terus digulirkan ke wilayah dan jangkauan yang lebih luas. Dengan demikian kata dia perlunya peran masyarakat sebagai konsumen untuk terus melakukan peningkatan kesadaran keamanan pangan, sehingga dapat menjadi konsumen yang cerdas.

"Apa yang didapat SDN 013 Singkep ini berkat usaha teman-teman tim dan kader semua. Karena ini bisa tercapai berkat kerjasaama kader pengawasan pangan Desa Batu Kacang, masayarakat, sekolah, Kecamatan Singkep dan juga dukungan dari Dinas Kesehatan, serta DPMD bersame Badan POM Batam," ujarnya.

Tim GKPD Desa Batu Kacang bersama BPOM dan Dinkes Lingga (Foto:ist)

Sebagaimana diketahui, piagam dari Badan POM ini diberikan kepada sekolah yang telah menyelenggarakan keamanan pangan kantin sekolah dengan baik atau dalam proses audit PBSKPKS Badan POM RI bernilai baik.

PBSKPKS masuk dalam Program Intervensi Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) yang merupakan Proyek Prioritas Nasional yang pencapaian targetnya dilaporkan setiap 3 bulan sekali kepada Kantor Staf Presiden (KSP). Pada tahun ini, ada beberapa sekolah di kabupaten/kota yang menerima piagam bintang tersebut, diantaranya Batam, Pinang, Karimun dan Lingga.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews