Solusi Atasi Rantai Motor Berisik di Musim Hujan

Solusi Atasi Rantai Motor Berisik di Musim Hujan

Ilustrasi.

Jakarta - Memasuki musim hujan, rantai motor biasanya mengeluarkan suara berisik karena kotor atau kaku. Hal tersebut terjadi karena kendaraan lebih sering terkena ganangan air atau debu yang menempel.

Selain menggangu kenyamanan saat berkendara, kotoran yang tidak segera dibersihkan juga bisa merusak rantai kendaraan. Penumpukan kotoran harus segera dibersihkan.

Untuk menghilangkan suara berisik, pemilik kendaraan cukup membersihkan rantai dan memberikan pelumas. Pelumasan pada rantai motor sangat penting. Pemilik kendaraan sebaiknya melakukan peluamasan setiap minggu.

Berikut langkah pembersihan dan pelumasan rantai motor yang tepat seperti dilansir Suzuki Indonesia.

Hal pertama ialah menyemprot rantai dengan cairan penetran, lalu diamkan sesaat. Setelah itu, bersihkan rantai motor dengan sikat khusus atau sikat gigi yang sudah tidak terpakai.

Penyemprotan rantai dengan cairan penetran atau minyak tanah membuat kotoran di sekitar rantai dan gear rontok.

Keringkan rantai motor dengan lap dan lumasi rantai dengan cairan chain lube. Semprotkan di mata gear dan rantai secara merata.

Ingat, jangan sekali-kali memakai oli bekas untuk melumasi rantai. Oli bekas mengandung kotoran yang dihasilkan dari proses pelumasan mesin. Oli bekas juga bisa membuat debu dan kotoran menempel di rantai.

Kalau rantai masih berisik, pemilik kendaraan perlu melakukan penyetelan kembali karena rantai yang kendur. Bawa motor ke bengkel.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews