Harley-Davidson Selundupan Eks Dirut Garuda Harganya Tembus Rp 800 Jutaan

Harley-Davidson Selundupan Eks Dirut Garuda Harganya Tembus Rp 800 Jutaan

Onderdil motor Harley Davidson yang diselundupkan menggunakan pesawat baru milik Garuda Indonesia saat konferensi pers di Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (5/12/2019). (Foto: Liputan6.com)

Jakarta - Harley-Davidson bertipe FLH Electra Glide Shovelhead yang diselundupkan eks Direktur Utama Garuda Indonesia, Ari Askhara ternyata memiliki banderol yang cukup fantastis.

Berstatus model langka, dan menjadi buruan kolektor, banderol motor yang dibawa ilegal dari perancis ini bahkan sulit terprediksi.

Menurut Dealer Principal Anak Elang Harley-Davidson of Jakarta, Sahat Manalu, motor gede (moge) ini dipastikan bukan dibeli dari dealer resmi, namun langsung dari pemilik karena memang barang kolektor.

"Harganya tergantung, ini seperti lukisan. Bisa dibilang, kalau dibeli dari teman bisa Rp200 jutaan," jelas Sahat Manalu dilansir Liputan6.com, Jumat (6/12/2019).

Lanjut Sahat, tidak berhenti sampai di situ saja, harga moge ini bisa lebih mahal, jika kondisinya masih terawat, karena memang model tersebut pastinya milik kolektor, dan disimpan dalam waktu lama.

"Tapi kalau bagus banget (kondisinya), semua komponen original, bisa Rp800 juta. Model kolektor itu semua, seperti orang nyimpen lukisan," tegasnya.

Sementara itu, taksiran harga ini juga sempat diungkapkan oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani, yang juga mengatakan moge ilegal tersebut mencapai R800 juta.

"Berdasarkan hasil penelusuran di pasaran, perkiraan nilai motor Harley Davidson tersebut berkisar antara Rp200juta sampai dengan Rp800 juta per unitnya," ujar Sri Mulyani seperti dilansir kanal Bisnis Liputan6.com.

Mengutip dari Rider Magazine, jantung penggerak FLH Electra Glide Shovelhead ini diproduksi oleh pabrikan asal Amerika Serikat tersebut pada tahun 1966-1984.

Mesin penerus dari tipe Panhead itu ditawarkan dalam 2 kapasitas, yaitu 1.210 cc dan 1.300 cc.

Tentu, keduanya memiliki konfigurasi mesin 2-silinder V-twin dengan suara menggelegar khas Harley-Davidson. Tenaga yang dihasilkan Shovelhead bisa mencapai 60 Tk pada 5.500 rpm, lebih besar 10 Tk dibanding generasi sebelumnya.

Sementara itu, Harley-Davidson Electra Glide merupakan sebuah motor gede (moge) bergenre cruiser. Tengok saja pijakan kaki pengendara yang agak maju dan lebar. Selain itu, terdapat box yang harusnya terpasang di bagian belakang.

Di Indonesia, harga Harley-Davidson Electra Glide masih cenderung tinggi meskipun usianya sudah lebih dari 40 tahun. Diperkirakan, banderol moge ini berkisar di angka Rp400 sampai Rp800 jutaan, tergantung kondisinya.

(*)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews