Harbolnas Picu Peningkatan Pengiriman Barang Via Kantor Pos Batam

Harbolnas Picu Peningkatan Pengiriman Barang Via Kantor Pos Batam

Kantor PT Pos Indonesia Cabang Batam.

Batam - Pengiriman barang dari Batam ke luar kota mengalami peningkatan dalam 2 bulan terakhir ini. Peningkatan mencapai 15-20 persen dibandingkan dengan periode sebelumnya. 

Kepala Kantor Pos Cabang Batam, Masni mengatakan pengiriman barang sudah mencapai 8 ton per harinya. Sedangkan beberapa waktu sebelumnya, pengiriman barang masih 6-7 ton per hari. 

"Posisi terakhir di November 8 ton per hari. Biasanya paling sekitar 6 sampai 7 ton saja," ujar Masni, Senin (9/12/2019).

Peningkatan pengiriman barang ini kata Masni bisa disebabkan faktor internal maupun eksternal. Untuk faktor internal bisa karena sistem Ciesa Beacukai yang mulai lancar diaplikasi di Kantor Pos. 

Karena saat awal aplikasi Ciesa mulai diaplikasikan, pihaknya mengakui pelayanan sedikit melambat. 

"Implementasi Ciesa di Bea Cukai sudah cukup lama. Tetapi kami cukup lambat respon baru tuntas sekitar 2 bulan belakangan ini. Seiring sistem sudah mulai mulus, volume meningkat lagi itu yang saya asumsikan," jelasnya.

Sementara itu, untuk faktor eksternal kata Masni ada Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) menjelang akhir tahun. Sehingga beberapa platform belanja online yang memberikan beragam diskon. 

Seperti pada tanggal 9 September, 10 Oktober, 11 November lalu, terjadi peningkatan yang cukup signifikan.

Walaupun mengalami peningkatan dibanding bulan sebelumnya, namun angka tersebut sebanding dengan tahun sebelumnya. Padahal, biasanya peningkatan mencapai 15 ton perharinya.

"Asumsi positif saja, penurunan terjadi karena sistem kami telat untuk merespon perubahan nasional," katanya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews