Sempat Menumpuk, Pengiriman Paket di Kantor Pos Batam Mulai Pulih

Sempat Menumpuk, Pengiriman Paket di Kantor Pos Batam Mulai Pulih

Kantor PT Pos Indonesia Cabang Batam.

Batam - Arus pengiriman barang di Kantor Pos cabang Batam saat ini sudah berlangsung kondusif. Namun tetap padat padat Jumat (15/2/2019). 

Manager Penjualan Kantor Pos Indonesia Cabang Batam, M Taufik mengatakan kondisi paket barang yang menumpuk sudah jauh mulai berangsur berkurang. 

“Sudah mulai ada peningkatan dari beberapa waktu lalu,” ujar Taufik. 

Sebelumnya diberitakan akibat penerapam sistem Customs and Excise Information System and Automation (CEISA) oleh Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea dan Cukai (BC) Batam Tipe B Batam membuat sekitar 20 ribu paket barang tertumpuk di Kantor Pos Indonesia. 

Baca: Imbas Penerapan CEISA, Kantor Pos Batam Merugi Rp 350 Juta

Sistem aplikasi CEISA ini mulai diterpkan secara penuh sejak tanggal 1 Februari 2019 lalu.

Taufik mengatakan sampai saat ini pihaknya sudah dapat mengirimkan paket barang dengan muatan 6-7 ton setiap hari. Dibandingkan sejak awal diterapkan hanya bisa mengirim 3-4 ton. 

“Kalau sebelum aplikasi CEISA ini diterapkan, kami bisa mengirim paket barang dengan muatan 10 ton per hari,” katanya. 

Baca: Puluhan Ribu Paket Barang Menumpuk di Kantor Pos Batam Gara-gara Ini

Ia mengakui arus paket barang ini mulai mengalami peningkatan karena petugasnya dan petugas dari Bea Cukai sudah mulai terbiasa dengan aplikasi tersebut. 

“Selain itu juga petugas dari Bea Cukai sudah ditambah, jadi sudah terbantu,” jelasnya. 

Aplikasi CEISA ini berguna memperlancar proses pelayanan, meningkatkan efektifitas pengawasan, dan memberikan kemudahan tracking status barang secara real time kepada pengirim dan penerima. 

(ret)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews