Personel Bandara Hang Nadim Dituntut Sigap Hadapi Keadaan Darurat

Personel Bandara Hang Nadim Dituntut Sigap Hadapi Keadaan Darurat

Simulasi pemadaman kebakaran pada sebuah pesawat dalam pelatihan tanggap darurat di Bandara Hang Nadim. (Foto: Dyah/batamnews)

Batam - Ratusan personel dari berbagai divisi di Bandara Hang Nadim Batam diberi pelatihan tanggap darurat mengenai kecelakaan. 

Pelatihan Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadaman Kebakaran (PKP-PK) pada Kamis (28/11/2019) ini, melibatkan 700 personel dari Avsec, medis, pertolongan, relawan, Airnav, tamu undangan dan karyawan BUBU Hang Nadim. 

“Kita melibatkan unsur-unsur tersebut apabila kiranya nanti terjadi hal yang tidak diinginkan, semuanya bisa berperan aktif dalam ikut membantu penyelamatan,” kata Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Batam, Suwarso.

Lanjut Suwarso, agenda tersebut masuk ke dalam kegiatan 2 tahunan yang telah diamanatkan oleh Menteri Perhubungan tentang peraturan keselamatan penerbangan sipil di lingkungan bandara. 

“Kita selaku pengelola bandara di Indonesia, wajib melakukan kegiatan yang berskala besar maupun kecil terkait keselamatan penerbangan sipil. Sebagai mana untuk skala kecil kita lakukan tiap 3 bulan sekali, sedangkan untuk skala besar kita lakukan setiap 2 tahun sekali,” ujarnya. 

Suwarso mengatakan kegiatan tersebut dilakukan untuk menguji kemampuan dari unit PKP-PK agar selalu siap sedia jika terjadi keadaan darurat.

“Kegiatan ini juga untuk menguji personil, fasilitas, prosedur, koordinasi dan fungsi komunikasi, apabila terjadi penanggulangan keadaan darurat,” imbuhnya. 

Sementara itu, BP Batam secara umum sangat mendukung kegiatan yang dilakukan oleh BUBU Hang Nadim. 

Hal tersebut disampaikan oleh Purwiyanto, selaku Wakil Kepala BP Batam usai mengikuti agenda latihan penanggulangan keadaan darurat iyu.

“Ini merupakan suatu kegiatan yang sangat penting ketika ada keadaan darurat. Kegiatan ini juga perlu dilakukan secara rutin agar lebih memperhatikan hal-hal kecil dalam penyelamatan,” tutupnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews