Awas! Gempa Dahsyat 9 SR dan Tsunami Besar Ancam Padang

Awas! Gempa Dahsyat 9 SR dan Tsunami Besar Ancam Padang

Gempa di Mentawai beberapa tahun lalu. (foto: istimewa)

BATAMNEWS.CO.ID, Padang - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memprediksi bakal terjadi gempa bumi dahsyat. Diprediksi gempa berkekuatan 9 skala richter (SR) bakal kembali terjadi di Pantai Barat Sumatera, tepatnya di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar) dan Kepulauan Nias, Sumut.

"Di Pantai Barat Sumatera masih ada energi yang berpotensi mengakibatkan gempa 9 SR. Ini merupakan hasil penelitian LIPI bersama Prancis dan Singapura. Gempa itu akan langsung diikuti dengan tsunami,"  kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo, Selasa (28/7/2015).

Bila gempa itu terjadi, lanjutnya, maka dalam 5 menit langsung diikuti dengan tsunami setinggi 10 meter dan menjangkau daratan hingga 2 Km, di sungai tsunami akan merambah sejauh 5 Km. "Tsunami ini bakal terjadi sebelum BMKG memberikan peringatan," tambahnya.

Untuk meminimalisir dampak terburuk, BNPB bersama pihak terkait terus melakukan persiapan. "Kita harus siapkan pemda dan warga setempat untuk menghadapi. Kita akan buat simulasi, kalau benar-benar terjadi gempa sebesar itu dan tsunami. Kita pakai skenario terburuk," jelasnya.

(ind/mc)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews