Lengkapi Fasilitas Kelistrikan, PLN Batam Resmikan Kampung Wisata Sijantung

Lengkapi Fasilitas Kelistrikan, PLN Batam Resmikan Kampung Wisata Sijantung

Foto: Dyah Asti/Batamnews

Batam - Program Corporate Social Responsibility (CSR) B'right PLN Batam, meresmikan kampung wisata di Kelurahan Sijantung, Kecamatan Galang, Rabu (20/11/2019)

Sebelumnya PLN Batam meresmikan sambungan listrik ke beberapa desa hinterland di Pulau Galang, salah satunya di Desa Sijantung. Setelah pemasangan sambungan listrik, Desa Sijantung dipilih menjadi desa binaan PLN Batam.

Desa ini berpenduduk kurang lebih 200 Kepala Keluarga (KK) dan terletak di sekitar destinasi wisata Camp Vietnam.

"Kami akan berusaha komit membina kampung binaan secara kontinyu dan berkontribusi mengembangkan kampung ini menjadi kampung wisata," kata Direktur Promosi PLN Batam, Awaluddin Hafiz.

Desa Sijantung dijadikan kampung binaan PLN Batam dengan program lingkungan serta pemberdayaan masyarakat. Ini merupakan program jangka panjang yang akan dimulai pada tahun 2019 ini dan telah diprogramkan ke dalam roadmap CSR (5 tahun).

Hutan mangrove yang mengelilingi desa tersebut akan menjadi andalan di kampung wisata tersebut. Kedepannya kawasan mangrove di Desa Sijantung akan menjadi basis pengelolaan mangrove mulai dari kawasan untuk edukasi wisata mangrove, pengelolaan produk dari tanaman mangrove (produk makanan, batik mangrove, kerajinan, dll).

Kuatnya institusi lokal di pesisir merupakan pilar bangsa bahari. Bila masyarakat berdaya, aturan lokal masyarakat bisa melengkapi kekuatan hukum formal. Masyarakat bisa menjadi pengawas laut yang efektif, menjadi pengelola kawasan mangrove,karena didukung pengetahuan lokal (traditional ecological knowledge), serta pendorong tumbuhnya ekonomi pesisir.

Pengelolaan produk mangrove tersebut akan, dikelola oleh masyarakat Sijantung untuk mengembangkan wisata dan perekonomian masyarakat.

"Tantangan kita untuk menarik wisatawan dari luar. Disini peranan masyarakat sangat dibutuhkan untuk menjaga lingkungan, menjaga keamanan, menjaga etika. Sehingga masyarakat di luar kampung tetap tertarik untuk datang kembali," ujarnya.

Kedepannya Desa Binaan  PLN Batam akan menjadi salah satu Desa Wisata serta Desa Tertib Listrik, melalui program-program pemberdayaan masyarakat dan edukasi ketenagalistrikan sehingga dapat memicu desa-desa atau kawasan lain di Batam,

"Dukung kami untuk mengembangkan kampung ini menjadi kampung wisata dengan ikon-ikonnya," sebut dia.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews