BMKG Prediksi Hujan Sedang hingga Lebat Guyur Lingga 3 Hari ke Depan

BMKG Prediksi Hujan Sedang hingga Lebat Guyur Lingga 3 Hari ke Depan

Hujan deras (Foto:Batamnews)

Lingga - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dabo Singkep, memprakirakan bahwa dalam tiga hari kedepan Provinsi Kepulauan Riau, termasuk Kabupaten Lingga, berpotensi terjadinya hujan sedang hingga lebat.

Kepala BMKG Dabo, Sahat Mauli Pasaribu mengatakan, adanya pola siklonik di wilayah Kalimantan Barat juga mempengaruhi pola angin di wilayah Kepulauan Riau termasuk Lingga. Hal ini menyebabkan adanya potensi pertumbuhan awan konvektif yang lebih signifikan.

"Untuk tiga hari kedepan, diprakirakan berawan dan berpotensi terjadi hujan lokal dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang," kata Sahat kepada Batamnews, Rabu (13/11/2019).

Dengan demikian, ia mengimbau agar masyarakat Kabupaten Lingga, dapat berhati-hati. Terutama bagi mereka yang beraktivitas di laut, karena gelombang tinggi hingga angin kencang secara tiba-tiba, bisa saja terjadi jika terdapat awan konvektif.

"Rumah pemukiman dekat lereng yang tanah nya labil, juga hati-hati karena akan berakibat longsor. Sungai yang dangkal akan mengakibatkan banjir, kemudian drainase yang buruk juga bisa mengakibatkan mudahnya genangan air atau banjir," pungkasnya.

(ruz)