Kereta Cepat Jokowi Bisa Tempuh Jakarta-Bandung Hanya 35 Menit. Bikin Kaget Dunia

Kereta Cepat Jokowi Bisa Tempuh Jakarta-Bandung Hanya 35 Menit. Bikin Kaget Dunia

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta -Proyek kereta cepat atau High Speed Train (HST) yang diusulkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi perhatian banyak negara. Beberapa media dan publikasi asing mengulas tentang rencana pemerintah mengembangkan kereta cepat yang membentang dari Jakarta-Bandung. 

Misalnya media Rail Journal, proyek "kereta peluru" ala Jokowi menjadi headline di level Asia.

"Presiden Jokowi memiliki rencana besar untuk memulai pembangunan jaringan kereta cepat Jakarta-Bandung pada bulan depan (Agustus)," tulis Rail Journal di halaman pertama berita seperti dikutip dari detikFinance, Sabtu (25/7/2015).

Artikel di dalam Rail Journal juga membahas perihal persaingan ketat antara Jepang dan China pada mega proyek di Indonesia tersebut. Rail Journal juga mengulas tawaran pinjaman selama 40 tahun dari kedua belah pihak.

"Jepang menawarkan bunga 0,1% sedangkan China lebih tinggi," tulisnya.

Selain Rail Journal, media negara tetangga yakni Bangkok Post juga mengulas tentang niat Presiden Jokowi untuk membangun kereta cepat.

"Tawaran dari kedua negara untuk membangun kereta dengan jarak 150 km bisa ditempuh dalam waktu 36 menit," tulis Bangkok Post.

Dalam tulisan tersebut, Bangkok Post mengutip pernyataan Menteri Koordinator Ekonomi Sofyan Djalil tentang rencana Pemerintah Indonesia menunjuk konsultan independen dari Jerman atau Prancis untuk menguji proposal yang diusulkan oleh Jepang dan Tiongkok. Menko Sofyan, dalam kutipan Bangkok Post, menunjuk pihak ketiga agar tidak ada konflik kepentingan.

"Kita akan meng-hire sebuah konsultan dari Jerman atau Prancis," sebutnya.

Hal senada juga diulas oleh media asal Inggris, Daily Mail. Daily Mail menyebut pemerintah Indonesia akan melakukan beauty contest (lelang) untuk memilih operator kereta cepat Jakarta-Bandung.

 

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews