Cerita Bripka Samson, Sisihkan Gaji untuk Celengan Ratusan Anak-anak

Cerita Bripka Samson, Sisihkan Gaji untuk Celengan Ratusan Anak-anak

Bripka Samson membagikan celengan untuk anak-anak PAUD. (Foto: Edo/Batamnews)

Karimun - Namanya Bripka Samson. Sosok polisi satu ini begitu familiar bagi pelajar sekolah SD dan TK di Kelurahan Darussalam, Kecamatan Meral Barat, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri.

Bukan karena namanya mirip grup band tenar Indonesia atau juga tokoh legenda yang punya kekuatan super itu. Namun, sejak menjadi Bhabinkamtibmas, Samson kerap menyambangi sekolah-sekolah.

Sadar akan tugasnya sebagai pengayom dan pelindung masyarakat, Ia tak hanya sekedar melakukan sosialisasi Kamtibmas.

Bhabinkamtibmas Kelurahan Darussalam dari Polsek Meral tersebut memang sudah sangat dikenal di kalangan masyarakat, terutama anak-anak.

 

Bripka Samson bersama anak-anak PAUD.

Banyak kegiatan-kegiatan yang telah dilakukannya dalam upaya pendekatan kepada anak-anak, seperti pustaka keliling, dan mengajarkan hal-hal baik lainnya.

Baru-baru ini Bripka Samson memunculkan ide untuk anak PAUD SPS Putri Ayu, di Guntung Punak. Yaitu tabungan untuk anak-anak Kelurahan Darussalam.

Kegiatannya memberikan celengan kepada anak-anak, memupuk kebiasaan menabung sejak dini. Hebatnya, ia mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilakukannya atas inisiatif sendiri dan anggaran pribadi.

"Program sendiri, bukan dari kantor atau manapun. Ini sudah berjalan sejak 2017 lalu," katanya.

Tabungan berupa celengan tersebut telah diberikan hampir merata pada seluruh anak-anak di kelurahan tersebut.  "Saya berikan pada anak TK, SD, serta anak-anak lainnya, sudah hampir merata. Kalau tidak salah, sudah 500 celengan dibagikan secara bertahap," aku Samson.

 

Bripka Samson bersama anak-anak PAUD.

Samson menyisihlan uang gajinya setiap bulan. Tidak hanya memberikan celengan, dia juga mengadakan pustaka keliling.

Program pustakan keliling ini sempat diberi penghargaan oleh Kapolri belum lama ini. Hal itu dianggap sebagai bentuk perjuangan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Dananya pakai dari pribadi, dari gaji yang disisihkan," ucap Samson yang menjadi Bhabinkamtibmas sejak 2016 lalu.

Samson sebelumnya berdinas di Polsek KKP Pelabuhan Karimun. Sejak bertugas di Polsek Meral, dia telah banyak membuat program-program sebagai Bhabinkamtibmas di Kelurahan Darussalam.

Seperti diantaranya, polisi sahabatku dengan mendatangi sekolah-sekolah untuk bercerita, mendongeng, bernyanyi, menggambar. "Pokoknya bermainlah bersama anak-anak," kata dia.

Kegiatan dan ide-ide yang dilakukan oleh Samson pun menuai pujian dari Kapolres Karimun.  

"Ide-ide kreatif dari Bripka Samson sangat saya apresiasi, kegiatan ini sangat positif," kata Kapolres AKBP Yos Guntur, Kamis (31/10/2019).

Dengan kegiatan tersebut, Ia mengharapkan anak anak dapat belajar mengatur keuangannya sejak dini serta mengajak anak anak untuk gemar menabung.

“Saya mengharapkan dengan adanya anggota kita yang seperti ini, dapat menjadikan contoh untuk anggota lainnya. Karena ini salah satu cara untuk mendekatkan polri dengan masyarakat, khususnya bagi anak-anak," tukas AKBP Yos Guntur.

(aha)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews