Warung Soto Medan Bude Sri Hemat Bahan Bakar 70 Persen Sejak Jadi Pelanggan PGN

Warung Soto Medan Bude Sri Hemat Bahan Bakar 70 Persen Sejak Jadi Pelanggan PGN

Nazaruddin melayani pelanggan Warung Soto Medan Bude Sri. Warung ini sudah 12 tahun menjadi pelanggan PGN. (Foto: Diah/batamnews)

Batam - Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Batam merasakan manfaat nyata keberadaan jaringan gas (jargas). Biaya operasional dapat ditekan, keuntungan pun berlipat.

Seperti yang dirasakan pelanggan jargas PT Perusahaan Gas Negara, tbk (PGN) yakni Soto Medan Bude Sri. Warung legendaris ini terletak di Komplek Nusantara Golden Blok A No. 8, Batam Centre. 

Nazaruddin, pemilik Soto Medan Bude Sri mengungkapkan dirinya sudah 12 tahun merasakan keuntungan menggunakan gas alam. 

"Kami gabung dengan PGN ini dari 2007, dari awal ditawarkan kami langsung tertarik untuk pasang. Karena penghitungannya jelas memakai meteran dan penggunaannya mudah," kata Nazaruddin, Kamis (31/10/2019). 

Sejak beroperasi di Batam pada 1990, berbagai bahan bakar sudah coba digunakan Nazaruddin untuk mendukung operasional usaha kuliner miliknya.

Gas alam selain mudah penggunaannya juga dinilai lebih hemat biaya. Sejak 2007, Soto Medan Bude Sri bisa menghemat biaya lebih dari 70 persen jika dibandingkan dengan bahan bakar lainnya. 

"Saat pakai LPG, kami sehari itu bisa mengeluarkan biaya Rp 180 ribu perhari pada saat itu. Namun semenjak menggunakan gas PGN, sebulan kami paling tinggi hanya Rp 1,2 juta," ujarnya. 

Bahkan menurutnya, gas alam sangat hemat jika dibandingkan dengan gas 3 kg sekalipun. Tak hanya bisa dirasakan di warungnya, Nazaruddin juga berharap, jaringan gas PGN juga bisa hadir di rumahnya. 

"PGN ini pelayanannya cepat kalau ada kendala. Terus gasnya murni, jadi kami lebih gak takut meledak. Pembayarannya juga gampang, bisa di Indomaret atau Alfamart, bahkan bisa melalui atm atau m-banking," ungkapnya. 

Tak hanya Soto Medan Bude Sri, saat ini sudah ada puluhan UMKM di Batam yang menggunakan gas alam. Selain melalui pipa gas, PGN juga menyediakan penyaluran gas alam menggunakan CNG bagi UMKM yang tidak dilalui pipa gas PGN. 

CNG ini dikelola oleh anak usaha PGN, Gagas. Untuk sistem penghitungan dan pembayarannya sendiri sama dengan penggunaan melalui pipa gas. 

"Selain industri besar, PGN juga berkomitmen menyalurkan gas alam ke usaha-usaha kecil rumahan dalam bentuk rumah makan catering. Sehingga dapat membantu dari sisi bahan bakar," kata Sales Area Head PGN Batam Wendi Purwanto. 

Untuk berlangganan, masyarakat bisa datang langsung ke kantor PGN, di Jl Raja Isa Batam Centre, depan Mapolsek Batam Kota atau menghubung call center PGN di 1500645.

"Nanti petugas PGN, akan melayani secepatnya, sesuai prosedur pelayanan. Untuk lama prosesnya sendiri, tergantung hasil survei. Karena nanti akan ada survei jalur pipa, dan besar pemakaian," tutupnya. 

(das)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews