Dua Putra Jokowi Berambisi Bawa Kuliner Indonesia Mendunia

Dua Putra Jokowi Berambisi Bawa Kuliner Indonesia Mendunia

Putra sulung dan bungsu Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep berambisi membawa kuliner Indonesia mendunia (Foto:ist/net)

Jakarta - Putra sulung dan bungsu Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep berambisi membawa kuliner Indonesia mendunia. Mereka ingin makanan dan minuman khas Indonesia dapat dinikmati di luar negeri dan disukai masyarakat internasional.

Ambisi Gibran dan Kaesang ini bakal diwujudkan lewat ekspansi bisnis kuliner yang mereka miliki yakni gerai Mangkok Ku dan Goola. Rencananya, dua label itu akan merambah pasar Australia tahun depan.

"Buka di luar negeri, bukan hanya untuk pelajar atau orang Indonesia saja, tapi juga harus membuat orang Australia merasakan nikmatnya masakan dan minuman Indonesia," kata Gibran dalam grand opening Mangkok Ku dan Goola di Kota Kasablanka, Jakarta, Senin (21/10/2019).

Saat ini, Gibran dan Kaesang tengah mematangkan konsep dibantu dengan Chef Arnold Poernomo yang sudah akrab dengan pasar kuliner di Negeri Kangguru itu. Arnold pernah tinggal dan mempunyai restoran di Sidney, Australia.

Gibran juga sedang dalam masa transisi menyerahkan bisnis kuliner yang dikelolanya kepada sang adik, Kaesang. Pasalnya, tahun depan Gibran berencana mencalonkan diri menjadi Wali Kota Solo, Jawa Tengah.

"Saya sebentar lagi akan menyerahkan beberapa usaha saya ke Kaesang yang sudah wisuda. Saya menempuh karier di bidang lain. Saya punya waktu satu tahun mempersiapkan CEO-CEO saya, adik saya, dan Arnold," ungkap Gibran.

Ayah dari Jan Ethes ini yakin Kaesang dapat melanjutkan bisnis kuliner dan mengenalkan kuliner Indonesia ke luar negeri. Kaesang dinilai sudah berpengalaman yang terbukti dengan keberhasilannya membawa Sang Pisang membuka cabang di Kuala Lumpur, Malaysia.

Kaesang pun mengaku siap menjalankan amanah sang kakak. "Siap banget," jawabnya singkat.

Mangkok Ku merupakan restoran yang menjual nasi dengan lauk khas Indonesia di dalam mangkuk. Daging, lidah, dan ayam dengan sambal korek dan dabu-dabu menjadi menu andalan di gerai ini. Dua outlet Mangkok Ku saat ini mampu menjual 800-1200 mangkuk per hari.

Sebelum merambah ke dunia internasional, dalam waktu dekat Mangkok Ku akan membuka empat cabang hingga akhir tahun ini. Tahun depan, direncanakan terdapat 25-30 outlet termasuk di Australia.

Sedangkan Goola yang sudah memiliki lebih dari 20 gerai merupakan brand minuman tradisional Indonesia yang dikemas secara modern dan kekinian.

Ragam varian minuman tradisional Nusantara dihadirkan. Mulai dari es cendol, es doger, dan es gula Jawa. Saat ini, setiap outlet mampu menjual 200-300 cup per hari.

Goola menargetkan memiliki lebih dari 100 outlet di seluruh Indonesia pada 2020 mendatang. Tahun depan, Goola juga akan meluncurkan aplikasi khusus untuk memesan minuman agar pelanggan tak perlu mengantre.

Gerai Mangkok Ku dan Goola rencananya bakal terus bergandengan karena dianggap merupakan paduan yang pas saat memakan sambal pedas dan minuman yang manis serta segar.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews