Ketua DPRD Batam Masuk Anggota Dewan Kawasan, Cak Nur: Masih Tunggu Aturan

Ketua DPRD Batam Masuk Anggota Dewan Kawasan, Cak Nur: Masih Tunggu Aturan

Ketua DPRD Batam, Nuryanto (Cak Nur)

Batam - Ketua DPRD Batam, Nuryanto menunggu landasan hukum terkait dilibatkannya sebagai anggota dewan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas. Hal ini terkait dilantiknya Wali Kota Batam sebagai Kepala ex officio BP Batam.

"Sampai saat ini belum ada aturan terkait kami masuk anggota dewan kawasan," kata Cak Nur, Jumat (18/10/2019).

Masuknya DPRD Kota Batam dalam susunan tim itu membutuhkan waktu yang panjang. Cak Nur mengatakan ia menunggu usulan dari Pemerintah Provinsi Kepri serta DPRD Kepri yang juga termasuk tim DK yang sah.

"Ini harus ada usulan dari pihak Provinsi, tidak segampang itu juga walau memang sudah diminta," katanya.

Ia mengaku, akan menahan diri terkait aturan tersebut. "Seharusnya usulan ini bisa diberikan sebelum pelantikan, namun saat ini belum ada," ujarnya.

Masuknya DPRD Kota Batam sebagai anggota Tim Dewan Kawasan disampaikan langsung Sekretaris Menko Perekonomian RI yang juga Ketua Tim Teknis Dewan Kawasan, Susiwijono ketika serah terima jabatan Kepala BP Batam beberapa waktu lalu.

Dengan masuknya Ketua DPRD Kota Batam sebagai anggota DK, nantinya DPRD juga memiliki fungsi pengawasan terhadap BP Batam.

Aturan anggota tim dewan kawasan berdasarkan Keppres Nomor 8 Tahun 2016 menyatakan jika Menteri Dalam Negeri, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Menteri Keuangan, Menteri Perdagangan, dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional juga termasuk anggota dewan kawasan.

(tan)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews