Kecamatan Singkep Wakili Lingga Ikut Lomba Kadarkum Tingkat Provinsi

Kecamatan Singkep Wakili Lingga Ikut Lomba Kadarkum Tingkat Provinsi

Kabag Hukum di Setda Lingga, M Jais bersama juara lomba kelompok keluarga sadar hukum (Kadarkum) (Foto:ist)

Lingga - Grup atau kelompok Seroja yang berasal dari Kecamatan Singkep, berhasil keluar sebagai juara pertama lomba kelompok keluarga sadar hukum (Kadarkum) tingkat Kabupaten Lingga tahun 2019. Kegiatan yang ditaja oleh Bagian Hukum di Setretariat Daerah (Setda) Lingga ini dilaksanakan selama dua hari, mulai 13-14 Oktober di One Hotel Dabo Singkep.

Baca: Pemkab Lingga Gelar Lomba Keluarga Sadar Hukum

Kepala Bagian (Kabag) Hukum di Setda Lingga, M Jais mengatakan, lomba ini diikuti 13 kelompok sadar hukum dari setiap kecamatan di Kabupaten Lingga. Namun, dari belasan tersebut, hanya dipilih 4 kelompok terbaik, salah satunya yakni kelompok Seroja dari Kecamatan Singkep.

"Ini merupakan lomba perdana, dan sebagai tindak lanjut dari program Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Lomba kadarkum ini dilaksanakan tiga tahun sekali," kata dia kepada Batamnews, Senin (14/10/2019) malam.

Jais menjelaskan, kelompok yang menjadi juara pertama pada lomba tingkat kabupaten ini, akan menjadi wakil Lingga di tingkat Provinsi Kepri. Rencananya, untuk tingkat provinsi, lomba ini digelar sejalan dengan penyerahan sertifikat Indikasi Geografis (IG) Sagu Lingga di Tanjungpinang, 17 Oktober mendatang.

"Kami optimis Lingga bisa meraih posisi tiga besar di tingkat provinsi. Tahun 2020 mendatang, rencananya kami akan mulai lomba ini dari tingkat desa dan kecamatan. Kalau di tingkat kabupaten/kota, hanya Lingga dan Tanjungpinang yang melaksanakan lomba kadarkum ini," ujarnya.

Adapun dewan juri lomba kadarkum tersebut berasal dari Kemenkumham, Rodion dan Siska Sukmawaty. Pada kesempatan tersebut, mereka mengapresiasi Pemkab Lingga atas diselenggrakannya kegiatan lomba kadarkum tingkat kabupaten.

"Mereka juga berharap Lingga bisa mewakili Provinsi Kepri di tingkat nasional," ucap Jais.

Diketahui, adapun juara pertama pada lomba ini yakni kelompok Seroja dari Kecamatan Singkep. Kelompok ini berhasil meraih gelar juara dengan mengoleksi 2.895 poin. Sedangkan juara kedua dipegang kelompok Kamboja dari Kecamatan Singkep Barat yang mengoleksi 825 poin.

Kemudian untuk posisi ketiga ditempati kelompok Mawar Putih dari Kecamatan Lingga Utara. Kelompok ini berhasil mengumpulkan 570 poin. Sedangkan juara keempat atau harapan didapat kelompok TTB dari Kecamatan Temiang Pesisir yang berhasil mengumpulkan 400 poin.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews