BMKG: Puncak Hujan Intensitas Tinggi Terjadi November

BMKG: Puncak Hujan Intensitas Tinggi Terjadi November

Ilustrasi

Lingga - Sejak beberapa hari terakhir, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, sudah mulai diguyur hujan. Bahkan di awal Oktober ini saja, beberapa wilayah di Negeri Bunda Tanah Melayu itu, setiap harinya sering terjadi hujan.

Kepala Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dabo Singkep, Sahat Mauli Pasaribu mengatakan, berdasarkan hasil pantauan fenomena atmosfer beberapa hari belakangan, terpantau adanya belokan angin (Shearline) dan tingginya nilai kelembapan udara lapisan atas di Kepulauan Riau.

"Kelembapan udara lapisan atas di wilayah Kepulauan Riau, termasuk Kabupaten Lingga ini lah mendukung petumbuhan awan-awan konvektif," kata dia kepada Batamnews, Senin (7/10/2019).

Sahat melanjutkan, secara umum kondisi cuaca di Lingga beberapa hari kedepan diprakirakan berawan dan terdapat potensi terjadi hujan lokal dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat disertai petir dan angin kencang.

"Dan perlu diperhatikan bahwa bulan November adalah puncak hujan intensitas cukup tinggi dalam tahun ini. Kalau untuk bulan Oktober ini, boleh juga dikatakan periode basah, karena bulan ini tidak setiap hari akan hujan terus menerus," ujarnya.

Diketahui, setelah mengalami priode kering sejak beberapa bulan lalu, kondisi cuaca di Kabupaten Lingga, terbilang kembali normal. Namun, BMKG belum bisa memastikan apakah akan normal hingga akhir bulan.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews