Kritik Tajam Pelaku UMKM untuk Kepala BP Batam HM Rudi

Kepala BP Batam HM Rudi memberikan pemaparan dalam dialog dengan pengusaha. (Foto: Yogi/batamnews)

Batam - Kepala BP Batam HM Rudi mengumpulkan ratusan pengusaha, sehari setelah dirinya serah terima jabatan. Dialog pun digelar di Harmoni One, Batam Centre pada Kamis (3/10/2019).

Kalangan pengusaha yang hadir beragam. Mulai pengusaha papan atas hingga pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Dalam kesempatan itu, para pengusaha menyampaikan uneg-unegnya.

Rismawati, salah satu pelaku UMKM di Batam melontarkan kritik tajam kepada Rudi bersama para deputinya. Ia menganggap pemerintah tidak memperhatikan pelaku usaha kecil seperti dirinya.
 
"Dari tadi saya lihat pembahasan hanya soal usaha menengah ke atas, Pak Rudi juga tidak menyingung soal usaha menengah ke bawah," ujar Risma. 

Menurut Risma, UMKM adalah sumber ekonomi Kota Batam. "Selama ini saya ingin bertemu bapak tetapi bapak sibuk," kata Risma. 

Risma menceritakan, sejak 2015 sampai 2016 iklim UMKM di Batam cukup menjanjikan. Bahkan dalam satu hari penjual kopitiam bisa mendapat omset Rp 8 juta. Sedangkan sejak 2017 sampai saat mencari Rp 3 juta saja pelaku usaha kecil ini kesulitan.
 
"Dari 2017 hingga 2019 usaha kecil menengah down, kami macet seperti kekurangan air," katanya. 

Risma mengaku terpaksa menyampaikan aspirasinya di forum tersebut karena selama ini Rudi sulit diajak bertemu. 

"Kami sedih, kami tidak bisa menjumpai bapak, mungkin karena ada batas diantara kita," kata dia. 

Risma menegaskan, kalau tidak ada pengusaha kecil, pengusaha besar yang ada di sini tidak akan maju.

Rudi menangapi pernyataan Risma, ia mengatakan, terkait permasalah UMKM berada di Pemko Batam, sedangkan usaha menengah ke atas berada di BP Batam. 

"Saya tidak akan lepaskan apa yang menjadi kebutuhan UMKM," katanya. 

Ia menyadari baru membangun Batam sejak tiga tahun yang lalu. Rudi meminta Risma dan UMKM lainnya agar menemuinya di Pemko Batam setelah beberapa hari kedepan. 

"Temui saya biar saya yang datang," katanya. 

Rudi mengatakan, kedepannya dirinya akan menempatkan satu lahan untuk UMKM di Kota Batam.

(tan)
 

SHARE US :