Gedung DPRD Papua Barat Dibakar Massa, 45 Anggota Dewan Dilantik di Lapangan

Gedung DPRD Papua Barat Dibakar Massa, 45 Anggota Dewan Dilantik di Lapangan

Gedung DPRD Papua Barat. (Foto: Antara)

Manokwari - Lantaran gedung DPRD Papua Barat dibakar massa beberapa waktu lalu, pelantikan 45 anggota dewan terpilih pada Pemilu Serentak 2019 akan dilaksanakan di Lapangan Borarsi Manokwari. Sekretaris DPRD Papua Barat Marthinus Amuruf di Manokwari menuturkan, sesuai rencana pelantikan akan digelar pada 2 Oktober 2019.

"Besok saya akan ke Jakarta untuk mengambil SK (surat keputusan) di Kemendagri. Kami juga sudah berkoordinasi dengan Pengadilan Tinggi," kata Asmuruf kepada wartawan.

Meskipun dilaksanakan di tempat terbuka, namun dia yakin pelantikan akan berjalan dengan lancar dan tidak khawatir terhadap potensi gangguan keamanan karena aparat keamanan, baik TNI maupun Polri siap membantu.

"Saya sudah berkoordinasi dengan Polda Papua Barat juga Kodam Kasuari. Mereka siap amankan, maka saya harap pelantikan berjalan lancar," kata dia lagi.

Menurutnya, pelantikan ini kali pertama bagi Papua Barat. Selain tidak memiliki gedung karena ludes dibakar massa pada kerusuhan 19 Agustus lalu, pelantikan di lapangan terbuka bertujuan agar masyarakat bisa menyaksikan langsung.

"Masyarakat yang mau datang menyaksikan, silakan datang. Ini terbuka untuk siapa saja yang penting sopan dan tidak berbuat keributan karena ada aparat yang akan mengamankan," ujarnya lagi.

Untuk sementara waktu, anggota DPRD Papua Barat kini menempati gedung dinas yang belum terpakai. Sedangkan sebagian besar kegiatan parlemen dilaksanakan dengan menyewa ruangan hotel.

"Mau bagaimana lagi, yang penting kegiatan DPR berjalan lancar. Gedung dinas yang belum dipakai, kami manfaatkan dulu sambil menunggu pembangunan gedung baru," pungkasnya.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews