Penampakan 47 Tersangka Cyber Fraud di Batam yang Pura-pura Jadi Polisi China

Penampakan 47 Tersangka Cyber Fraud di Batam yang Pura-pura Jadi Polisi China

Para tersangka saat ekspos kasus di Mapolresta Barelang, Jumat (20/9/2019). (Foto: Yude/Batamnews)

Batam - Kompolotan penipuan online (cyber fraud) diungkap Polresta Barelang. Dua ruko di kawasan Batam Centre digunakan para pelaku untuk menjalankan aksi kejahatan.

Sebanyak 47 tersangka, 4 diantaranya wanita ditangkap. Semuanya WNA China yang datang dari negara tersebut. Mereka menggunakan perangkat komputer, alat komunikasi dan peredam suara di tempat mereka bekerja.

Polisi sebelumnya cukup susah melacak pelaku. Ruko yang digunakan tampak sepi. Namun aktifitas kejahatan cyber terjadi di dalamnya. Dalam penindakan sebelumnya.

Para tersangka berperan sebagai polisi China gadungan untuk menipu WNA China.

Polisi mengamankan pealatan elektronik seperti laptop. Selain itu juga diamankan beberapa stel pakaian polisi asing diduga seragam polisi China.

 

Seragam polisi asing sebagai barang bukti. (Foto: Yude/batamnews).

 

Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol Erlangga sebelumnya menerangkan jika penipuan online ini bermodus transaksi aplikasi Skype.

Menariknya salah satu bukti ditemukan seragam kepolisian yang mirip dipakai oleh polisi China serta sejumlah laptop.

"Ada semacam kelengkapan seragam mirip polisi China, akustik peredam dinding, daftar identitas hasil transaksi aplikasi Skype,” tuturnya.

Namun sejauh ini Kapolresta Barelang AKBP Prasetyo Rachmat Purboyo menuturkan belum ada WNI yang menjadi korban.

"Mereka bertugas menghubungi, kemudian meminta sejumlah uang untuk ditransfer ke rekening di China. Korbannya adalah warga negara China yang ada di Indonesia," jelas Kapolres.

(fox)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews