Darmin: Kirim 1 Kontainer Batam-Singapura Sama Mahalnya dari Singapura-Jepang

Darmin: Kirim 1 Kontainer Batam-Singapura Sama Mahalnya dari Singapura-Jepang

Ilustrasi. (foto: shutterstock)

Jakarta - Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution menilai perlunya upaya lebih keras untuk menurunkan biaya logistik di Indonesia. Saat ini kata dia, biaya logistik di Indonesia masih mahal dibandingkan dengan berbagai negara yang ada di Asia Tenggara.

"Sekarang logistik kita mahal, satu kontainer dari Batam ke Singapura sama mahalnya dari Singapura barangkali ke Jepang," ujarnya dam Konferensi Hari Perhubungan Nasional, Jakarta, Sabtu (14/9/2019).

Mantan Gubernur Bank Indonesia itu menilai perlunya upaya mengoptimalkan transportasi untuk mendukung arus barang dari satu lokasi ke lokasi lain.

Sebab menurutnya, biaya logistik yang mahal merupakan salah satu penghambat pencapaian pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi.

Ke depan, Darmin meminta agar Kementerian Perhubungan dan Kementerian Perdagangan mendorong pengunaan transportasi yang lebih efisien untuk pengiriman barang.

Bila perlu, ucapnya, kedua kementerian mendorong pembangunan gudang-gudang barang di tempat stategis agar arus logistik bisa berjalan lebih baik. Selain itu, Darmin juga meminta agar kedua kementerian memanfaatkan perkembangan teknologi informasi untuk mendukung sistem logistik nasional.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews