Kabut Asap Belum Ganggu Aktivitas Pelayaran di Kepri

Kabut Asap Belum Ganggu Aktivitas Pelayaran di Kepri

Pelabuhan Ferry Karimun. (Foto: Edo/batamnews)

Karimun - Aktivitas pelayaran di Kepulauan Riau masih berjalan normal, meskipun kabut asap mulai tebal. Kapal-kapal domestik dan internasional masih melayani penumpang.

Seperti di Karimun, belum ada penundaan atau pembatalan jadwal keberangkatan pelayaran.

Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjungbalai Karimun, Junaidi mengatakan bahwa hingga saat ini kondisi pelayaran masih normal dan terkendalai.

"Sampai saat ini kondisi masih terkendali. Kami (KSOP) juga telah membuat surat edaran untuk antisipasi," kata Junaidi, Sabtu (14/9/2019).

Adapun edaran yang disampaikan yaitu, mengenai meningkatnya kepadatan kabut asap di laut memengaruhi jarak pandang dan mengganggu navigasi pelayaran kapal-kapal.

"Kepada para operator dan nahkoda kapal untuk meningkatkan kewaspadaan dalam bernavigasi di laut," ujarnya.

Kemudian, para operator dan nahkoda juga diminta untuk memperhatikan beberapa hal sebelum kapal berangkat atau bertolak.

Yaitu melakukan update pemantauan kondisi cuaca, setidaknya enam jam sebelum berlayar. Kapal wajib berlayar dengan kecepatan aman, sehingga dapat mengendalikan kapal disaat kondisi darurat.

"Untuk kapal pelayaran rakyat, seperti boat pancung, speed  boat atau lainnya, agar awak kapal dan penumpang selalu memakai baju penolong selama dalam pelayaran," kata Junaidi.

Kemudian, kapal juga wajib menyalakan lampu navigasi dan mempunyai isyarat disaat dalam keadaan penglihatan terbatas akibat kabut asap.

Untuk kapal Roro, agar semua kendaraan dilashing baik, kuat, ketat, dan tidak boleh ada ada barang curah yang diturunkan dari kendaraan.

Sementara itu, Kabid Keselamatan Berlayar KSOP kelas I Tanjungbalai Karimun, Capt Mozes Imanuel mengatakan bahwa belum ada penundaan pelayaran dengan terbatasnya penglihatan oleh kabut asap.

"Tapi, jika nanti sudah tidak bisa lihat apa-apa lagi, kapal akan ditunda pelayarannya," kata Mozes.

Aktivtas pelayaran normal juga terlihat di Pelabuhan Ferry Internasional Batam Centre. Tidak ada penundaan maupun pengunduran jadwal keberangkatan kapal menuju Malaysia dan Singapura.

"Tidak ada masalah semuanya berjalan lancar meskipun asap sejak pagi menerjang Kota Batam," kata Suban, petugas keamanan di Pelabuhan Internasional Batam Centre.

(aha/jim)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews