Mengenang Habibie dari Batam: Asa Bangun Gedung Tertinggi di RI

Mengenang Habibie dari Batam: Asa Bangun Gedung Tertinggi di RI

Foto: cnbcindonesia.com

Batam - Keluarga mendiang BJ Habibie dan PT Pollux Properti Indonesia Tbk (POLL) tengah merampungkan pembangunan kawasan terintegrasi megasuperblock Meisterstadt di Batam. Di Kawasan ini digadang-gadang akan dibangun gedung tertinggi di Indonesia dan menjadikan Batam menjadi salah satu kota maju.

Berangkat dari pengalamannya menjadi Otorita Batam periode 1978-1998, Habibie menyebutkan, Batam ditargetkan bisa menjadi pusat industri manufaktur utama di Indonesia. Hal itu salah satunya yang menjadikan dasar pembangunan kawasan senilai US$ 1 miliar ini sekaligus menjadi investasi terbesar di wilayah tersebut.

"Batam selalu menjadi tempat yang menawan bagi saya. Melalui pembangunan Meisterstadt, mari kita bangun kota Batam agar menjadi kota yang maju dan sempurna dari segala sisi. Meistestadt adalah wujud nyata berbagai proses perkembangan kota Batam," kata mendiang Habibie, kala kunjungannya ke Batam beberapa bulan lalu.

Kawasan Batam dinilai sangat strategis dan dinilai menjadi penghubungan antara Indonesia dengan dunia. Hal ini menjadi salah satu daya tarik pembangunan properti di Kota Batam.

"Dengan melihat skala besar, Batam adalah salah satu kota yang memiliki daya tarik tersendiri dalam industri properti. Lokasi yang strategis serta potensi perkembangan dari berbagai sisi industri membangun keyakinan Pollux bahwa Meisterstadt akan menjadi salah satu Landmark terbesar di Batam," kata Po Sun Kok, Presiden Komisaris Pollux Properti.

Hingga saat ini, kawasan yang ditargetkan akan memiliki 11 tower ini sudah menyelesaikan pembangunan empat tower pertamanya. Empat tower ini merupakan fase pertama dari pembangunan kawasan yang menggunakan konsep kemajuan Jerman.

Berdasarkan masterplan kawasan tersebut, tanah seluas 9 hektar tersebut nantinya akan memiliki universitas, mall, central park, 8 tower apartemen, 1 rumah sakit, 1 hotel dan kawasan niaga. Satu tower lainnya disebut-sebut akan menjadi gedung tertinggi dengan ketinggian sebanyak 100 lantai yang akan digunakan sebagai perkantoran.

"Proyek ini merupakan hasil dari visi Habibie untuk menciptakan integrated vertical city yang terinspirasi dari standar kemajuan negara Jerman," kata Ilham Akbar Habibie, Honorary Chairman Pollux Habibie International.


Cita-cita mendiang Ainun bangun Rumah Sakit di Batam

Pollux Properties sebagai pengembang property bekerjasama dengan keluarga besar Habibie juga membuat rencana mendirikan sebuah rumah sakit bertaraf International.

Rumah sakit tersebur nantinya akan dibangun disalah satu Tower yang berlokasi di Meisterstadt Batam, memiliki standar teknologi Jerman. Rumah Sakit ini dibangun sesuai dengan visi dari Almarhum Ibu dr Hasri Ainun Habibie yang ingin mendirikan Rumah Sakit Bertaraf International di Kota Batam.

Disebutkan ada rencana pembangunan  Klinik Mata dr. Hasri Ainun Habibie Eye Centre yang berlokasi di proyek Meisterstadt Batam. Nantinya akan dibangun sebuah Tower khusus untuk Rumah Sakit.

“Nantinya klinik mata menggunakan teknologi mutakhir menggunakan mesin. Dulu kita membersihkan katarak dengan manual, saat ini kita membersihkan mata dengan mesin”, papar Dr Setyo Budi dari INACSR.

(*)

Komentar Via Facebook :