Kadishub Kepri Cari Penyebab MV Arena II Stop Layani Rute Tanjungpinang-Pancur

Kapal feri MV Arena II (Foto:ist)

Tanjungpinang - Informasi tidak berlayarnya kapal feri MV Arena II yang melayani rute Tanjunginang-Pancur, sejak beberapa bulan terakhir, akhirnya sampai ke telinga Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kepri, Jamhur Ismail. Ia mengaku sudah mendapat laporan terkait permasalahan tersebut.

Jamhur pun berjanji akan mengkaji dan mempelajari apa kendala yang dihadapi operator kapal MV Arena II dengan rute Tanjungpinang-Pancur tersebut. Seperti hal nya yang dikeluhkan masyarakat Desa Mensanak, Kecamatan Katang Bidare, Kabupaten Lingga, Jumat (6/9/2019) kemarin.

"Saya sudah menerima laporan ini. Nantinya akan kita kaji dulu apa penyebab operator ini tidak singgah ke desa tersebut," kata Jamhur kepada Batamnews di Tanjungpinang, Sabtu (7/9/2019).

Baca: Kapal Feri TPI-Pancur Tak Lagi Singgahi Mensanak, Warga Kesulitan Keluar Daerah

Ia juga mengaku sudah berkoordinasi dengan Kepala Bidang (Kabid) Transfortasi Laut di Dishub Kepri dan memerintahkan agar melakukan koordinasi dengan Pemerintah Lingga dalam hal ini Dishub Lingga.

Ia mengarahkan Kabid tersebut untuk menanyai kepada operator kapal alasan dan penyebab tidak menyinggahinya Desa Mensanak sesuai trayek yang telah dibuat atau disepakati sebelumnya.

"Kami usahakan dalam waktu dekat ini akan ada keputusan dan bisa mengambil kebijakan. Intinya bagimana agar operator kapal bisa kembali menyinggahi desa tersebut, dan masyarakat dapat mengaksesnya lagi," harapnya.

Baca: Dishub Minta Provinsi Cabut Izin Operator Tak Konsisten Layani Trayek di Lingga

Sementara itu, Sekda Lingga Juramadi Esram ditemui di Tanjungpinang mengatakan, permasalahan ini juga sudah ditangani oleh Dishub Lingga. Mereka sudah berkoordinasi dengan Pemprov Kepri.

"Saya sudah menerima laporan terkait hal ini, dan Kadishub Lingga sudah bergerak berkoordinasi dengan Dishub Kepri. Mudah-mudahan akan ada solusi dan bisa kembali normal transfortasi laut untuk melayani masyarakat," ujarnya.

Sebelumnya Kapal feri rute Tanjungpinang-Pancur, sejak beberapa bulan terakhir tak lagi singgah ke Desa Mensanak. Bahkan, kapal ini juga stop beroperasi untuk melayani rute Tanjungpinang-Pancur. Sontak saja hal ini menjadi keluhan masyarakat setempat.

(sut)