https://www.batamnews.co.id

KMP Senangin Tunda Layani Rute Batam-Dabo Singkep

Ramp door kapal roro KMP Senangin patah saat dilalui truk. Insiden ini sempat membuat keberangkatan roro terganggu. (Foto: Ist)

Lingga - Rute penyeberangan Batam-Dabo Singkep dan Dabo Singkep-Kuala Tungkal, hingga hari ini masih belum dilayani kapal Roll On Roll Off (Roro), pasca terbakarnya KMP Sembilang saat docking di PT. Karimun Marine Shipyard (KMS), Rabu (31/7/2019) lalu.

Padahal sebelumnya, pihak ASDP juga sudah mengajukan ke Dinas Perhubungan (Dishub) Kepri, untuk mendapatkan izin pengoperasian sementara KMP Senangin menggantikan KMP Sembilang. Tapi hingga sekarang kapal tersebut juga belum bisa beroperasi karena mengalami kerusakan.

"Sebenarnya KMP Senangin sudah mau masuk rute, tapi karena ada musibah ramp door nya patah, maka harus diperbaiki dulu," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Lingga, Selamat melalui Kepala Bidang (Kabid) Perhubungan Laut, Agustiar kepada Batamnews, Kamis (5/9/2019).

Patahnya ramp door KMP Senangin tersebut akibat tidak kuat menahan beban yang dibawa truk saat berada di Pelabuhan Punggur, Batam, Jumat (30/8/2019) lalu.

"Kami belum dapat kepastian dari ASDP. Namun kami selalu berkoordinasi untuk kelancaran arus transportasi tersebut. Tapi menurut info dari pihak ASDP, jika perbaikannya selesai, akan langsung berlayar," ujarnya.

Diketahui, KMP Senangin disiapkan pihak ASDP untuk menggantikan KMP Sembilang sementara waktu. Kapal ini akan melayani rute Batam-Dabo Singkep dan Dabo Singkep-Kuala Tungkal, 1 September lalu. Akibat kerusakan tersebut, otomatis pelayaran di rute itu kembali tertunda.

(ruz)