Baznas Komitmen Bantu Warga Kepri Terkena Bencana

Baznas Komitmen Bantu Warga Kepri Terkena Bencana

Serunya pelatihan manajemen bencana tingkat dasar Baznas Tanggap Bencana (BTB) se-Kepri (Foto:dok.Baznas)

Batam - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kepulauan Riau (Kepri), bersama Baznas Kota Batam menggelar pelatihan manajemen bencana tingkat dasar Baznas Tanggap Bencana (BTB), di Pantai Mirota, Batam, Selasa (3/9/2019) lalu.

Ketua Baznas Kepri, Mustamin Husain mengatakan, pelatihan tanggap bencana yang diselenggarakan tersebut bertujuan untuk membantu serta mengurangi risiko bencana, khususnya yang terjadi di Kepri.

"Meskipun berfungsi untuk menghimpun dana zakat, infaq dan sedekah dari masyarakat, Baznas Kepri juga ingin memiliki kontribusi secara langsung membantu masyarakat yang terkena bencana," kata Mustamin.

Ia berharap, dengan adanya pelatihan ini dapat membentuk tim yang bisa membantu masyarakat saat terkena bencana. Baik ketika bencana terjadi ataupun pasca bencana.

"Melalui pelatihan ini, diharapkan para anggota BTB juga memiliki fungsi keagamaan, bisa memberikan spirit, motivasi sosial, serta berfungsi untuk membentengi aqidah para korban bencana dari hal atau keyakinan yang menyimpang," ujarnya.

Pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Asisten ll Bidang Ekonomi Sekretariat Daerah (Sekda) Kepri, Syamsul Bahrum, ditandai dengan prosesi penyematan lencana (pin) BTB secara simbolis kepada Komandan BTB Provinsi Kepri.

"Saya harap pelatihan ini semakin meningkatkan wawasan dan keterampilan para peserta sebagai tambahan potensi sumberdaya kesiap-siagaan di Kepri. Sehingga, Kepri menjadi lebih tangguh dalam penanggulangan dan pengurangan risiko bencana," ucap Syamsul.

Diketahui, pelatihan manajemen bencana tingkat dasar BTB ini diikuti 76 orang yang merupakan utusan dari Baznas kabupaten/kota se-Kepri, serta unsur mahasiswa dan pemuda yang ada di Kepri.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews