BP Batam Serahkan Daging Kurban dengan Besek Bambu

Kepala BP Batam saat memperlihatkan besek untuk meletakan daging kurban yang siap dibagikan, Selasa (13/8/2019).

Batam - Ada yang menarik dari prosesi pembagian daging kurban oleh BP Batam, Selasa (13/8/2019) pagi. Tidak seperti biasanya daging kurban dibagikan dengan kantong plastik, kali ini dengan besek bambu.

"Kita gunakan besek agar ramah lingkungan," ujar Direktur Promosi dan Humas BP Batam, Dendi Gustinandar.

Besek merupakan kotak berbentuk anyaman bambu. Telihat antusias warga dalam pembagian daging kurban oleh BP Batam. Tahun 2019 ini perdana bagi BP Batam melakukan penyembelihan di halaman kantor mereka. "Sebelumnya kita sumbangkan ke Masjid Raya," kata Dendi.

BP Batam menyembelih tujuh ekor hewan kurban yang terdiri dari dua ekor sapi Bali, dua ekor sapi Limousin, dan 3 ekor kambing. "Satu sapi dari Limousin disumbangkan Kepala BP Batam, Edy Putra Irawady," katanya.

Sapi Limousin memiliki bobot mencapai satu ton 50 kilogram.  "Dan ini semua juga ada yang kita serahkan langsung pada saudara-saudara kita yang membutuhkan di Batam. Kita antar langsung dan tidak ada antrean," ujarnya.

Kepala BP Batam Edy Putra Irawady mengatakan, momen Idul Adha ini kiranya menjadi sebuah langkah dalam 'memetik' hikmah.

Selain itu bisa dijadikan momentum sebagai introspeksi diri, sehingga bisa meneladani sikap ikhlas yang dicontohkan Nabi Ibrahim dalam berkurban.

"Keikhlasan dan ketakwaan itu menjadi modal penting untuk menjadi pelajaran bersama. Oleh karena itu, mari jadikan juga Idul Adha sebagai semangat berbagi dan peduli terhadap sesama," katanya.

(tan)