Duh, TPU Taman Langgeng Jadi Tempat Pembuangan Sampah

Duh, TPU Taman Langgeng Jadi Tempat Pembuangan Sampah

Sampah dibuang sembarangan di area pemakaman umum Taman Langgeng, Sei Panas. (Foto: Yude/batamnews)

Batam - Tempat Pemakamam Umum (TPU) Taman Langgeng, Sei Panas, Kota Batam menjadi tempat pembuangan sampah. Kondisi membuat pemakaman itu menjadi tak sedap dipandang mata.

Beragam sampah dibuang di area tempat peristirahatan terakhir manusia itu. Mulai dari sampah plastik, ban, hingga yang terbesar spring bed.

Dari pantauan di lokasi, dari mulai masuk area pemakaman, sudah terlihat sampah berserakan. Bahkan warga terlihat membakar sampah di tepi-tepi makam.

Sebelum Batamnews mendatangi lokasi, sebelumnya keberadaan sampah tersebut sudah dihebohkan oleh Patroli Pemakaman Sei Panas, Khaidir yang bertugas di sana.

Ditemui di TPU, Khaidir mengatakan pembuangan sampah di area makam terjadi sejak lama. Karena saking banyaknya, sampah tersebut sudah pernah dibersihkan menggunakan alat berat.

“Suadah nggak pakai gerobak lagi kami mengangkatnya, sudah pakai backhoe,” ujarnya, Selasa (13/8/2019) siang.

Menurut Khaidir, pihaknya sudah pernah memberi tahu ke warga yang tinggal di sekitar makam agar tak membuah sampah sembarangan. Namun, imbauan itu tak pernah digubris.

“Mereka sudah pernah kami kasih tahu, pak RT-nya juga sudah kami kasih tau. Tujuan saya itu bukannya niat mau menggusur mereka atau hal buruk lainnya, tujuan saya itu agar mereka sadar dan menjaga ini,” kata Khaidir.

Khaidir bercerita, meski tujuannya baik dia malah sering mendapatkan intimidasi dari warga yang merasa dirugikan.

(ude)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews