Proyek Tol Langit Jokowi Rampung Agustus Ini

Proyek Tol Langit Jokowi Rampung Agustus Ini

Ilustrasi Palapa Ring (BAKTI)

Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara mengatakan, konstruksi proyek Palapa Ring Timur akan rampung pada Agustus. Dengan demikian, proyek pembentangan kabel serat optik sepanjang Nusantara akan segera rampung setelah beberapa kali molor dari target.

"Konstruksinya selesai bulan Agustus ini, saya dikasih tahu," kata Rudiantara di Jakarta, Senin (12/8/2019).

Ia menjelaskan, pembangunan Palapa Ring Timur, yang mencakup wilayah Nusa Tenggara Timur, Maluku, Papua Barat, dan Papua memang lebih menantang karena medannya yang lebih berat.

"Dari 52, ada 28 lokasi yang tidak ada jalannya (jalan raya) sama sekali. Ke sananya harus pakai helikopter, termasuk air untuk mengaduk semen pun dibawa pakai galon, diangkut pakai helikopter. Nah, itu yang lama," sambung Menkominfo.

Ia mengakui bahwa medan di Indonesia Timur memaksa pemerintah sedikit keteteran untuk menggelar internet cepat di lokasi tersebut. "Makanya kan sudah mungkin dua bulan statusnya progress 98 persen ke 99 persen. Itu kan kayaknya lama, ya karena itu," ujar Rudiantara.

Rencananya, setelah pembangunan infrastruktur tulang punggung serat optik di Palapa Ring Paket Timur, Rudiantara menegaskan bahwa Kominfo memerlukan waktu sekitar satu bulan untuk menyetabilkan sekaligus mengintegrasikan dengan Palapa Ring Paket Barat dan Palapa Ring Paket Tengah, sebelum akhirnya bisa dirilis secara komersial.

"Di aturannya setelah konstruksi selesai itu memerlukan waktu 28 hari untuk stabilisasi dan integritasi. Misalkan di Papua, katakanlah di Puncak Jaya itu yang menjadi backbonenya terhubung dengan Natuna dan Anambas. Itu kan harus dikonfigurasi, harus dites. Tes itu kan juga memerlukan stabilisasi, integritasi tadi saya sampaikan kemudian stabilisasi itu waktunya 28 hari," tuturnya.

Pekan lalu, Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI), badan di bawah Kominfo yang bertanggung jawab atas pembangunan Palapa Ring, mengatakan proyek tersebut akan selesai dikerjakan pada September mendatang.

Direktur Utama Anang Achmad Latif mengatakan bahwa pembangunan Palapa Ring Timur hanya menyisakan di Provinsi Papua. "Target kami September 2019 ini semua jaringan selesai dibangun sehingga dapat menunjukkan masyarakat di Papua dapat menikmati layanan broadband," jelas Anang.

Adapun proyek Palapa Ring Barat telah selesai digelar pada Maret 2018, sementara Palapa Ring Tengah selesai dibangun pada Desember 2018.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews