Menteri Darmin Resmikan MRO Lion Air di Hang Nadim Pekan Depan

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat mengunjungi fasilitas Maintenance, Repair dan Overhaul (MRO) milik maskapai Lion Air di Bandara Hang Nadim, Batam.

Batam - Pembangunan fasilitas Maintenance, Repair dan Overhaul (MRO) milik maskapai Lion Air di Bandara Hang Nadim, Batam rampung. Rencananya, bangunan itu akan diresmikan pekan depan.

Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Edy Putra Irawady mengatakan peresmian MRO Lion Air akan dibarengkan dengan Aero Technic Vokasi di lokasi yang sama pada 14 Agustus mendatang.

"Rencananya Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Darmin Nasution yang akan meresmikan," kata Edy, Rabu (7/8/2019).

MRO yang akan diresmikan ini, menurut Edy berada di lahan baru seluas lebih dari 20 hektare. Nantinya, MRO itu tak hanya digunakan oleh Lion saja, melainkan juga Garuda yang memakai pesawat produksi Boeing.

Sedangkan untuk pesawat Airbus milik keduanya, nantinya akan ditangani oleh MRO Garuda di Jakarta. 

“Menangani itu bukan berarti ganti rusak ya tetapi service, di lahan yang sudah kita kasih. Masa kontraknya hingga 2063 mereka menyewa ke BP Batam,” ujarnya. 

Sedangkan untuk Aero Technic Vokasi milik Lion yang sebelumnya sudah berjalan, juga akan turut pindah di lahan yang sama untuk MRO. 

Edi berharap dengan pengembangan Aero Technic Vokasi ini, bisa meningkatkan SDM anak-anak Batam, terutama pada bidang perawatan pesawat. Sehingga bisa bersaing dengan negara lainnya seperti Singapura. 

“Sekolah ini juga akan dilaksanakan di lahan yang sama bersebelahan dengan MRO Lion dan pabrik pesawat R80 milik pak Habibi. Dia berada di tengah-tengah,” pungkasnya. 

(das)