Kunjungan Wisman ke Kepri Terbanyak Kedua Setelah Bali

Kunjungan Wisman ke Kepri Terbanyak Kedua Setelah Bali

Plt. Gubernur Kepri H. Isdianto (Foto : Asiik3)

Tanjungpinang - Sejak bulan April 2019 lalu, tingkat kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Kepulauan Riau sudah diposisi terbanyak kedua di Indonesia, berada dibawah Provinsi Bali dan diatas DKI Jakarta. Kondisi ini diprediksi akan bertahan hingga akhir tahun ini.

Tercatat hingga Mei 2019 jumlah wisman yang datang ke Kepri mencapai 1.137.976 orang atau 17,86 persen dari total jumlah wisman yang datang ke Indoneaia. Provinsi Bali sendiri masih tetap menjadi primadonanya wisman hingga saat ini dengan total kunjungan hingga Mei 2019 mencapai 2.305.802 orang atau 36,19 persen.

Sedangkan DKI Jakarta yang saat ini berada di urutan ketiga hanya dikunjungi wisman selama 2019 ini sebanyak 946.509 orang atau 14,86 persen. Sisanya turis masuk menyebar ke sejumlah Provinsi yang ada di Indonesia.

Plt. Gubernur Kepri, H. Isdianto mengatakan bahwa sektor pariwisata menjadi pendongkrak jumlah kunjungan wisman ke Kepulauan Riau, terutama Batam dan Bintan. Indahnya sejumlah destinasi wisata yang dimiliki Kepri, serta akses yang sangat mudah karena berada diposisi terdepan membuat Kepri menjadi primadona kedua wisman di tahun 2019. 

"Ini merupakan bukti dari apa yang selalu saya katakan. Bahwa kita, Kepulauan Riau, memiliki destinasi wisata yang luar biasa dan sektor ini tidak pernah ada habisnya selama kita masih mau berinovasi dan berkreasi," kata Isdianto, Rabu (31/7/2019).

Menurut dia, bukan tidak mungkin suatu saat nanti Kepri bisa mengungguli Bali. Hal ini mengingat Kepri memiliki semua sumber daya alam (SDA) yang memungkinkan untuk itu dan letak geografis yang diuntungkan.

"Selama kita kompak dan terus membangun komunikasi yang baik satu sama lain. Insya Allah kita bisa melakukannya secara bersama-sama. Apalagi hubungan kita dengan Singapura juga semakin baik. Kita punya SDA dan mereka punya koneksi, hal itulah yang perlu kita padukan," ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kepri Buralimar mengatakan, peringkat kedua yang dicapai Provinsi Kepri dan berada di bawah Bali ini dia pastikan akan bertahan hingga akhir tahun 2019 ini. Kepulauan Riau sendiri efektif dinyatakan unggul dari DKI semenjak April 2019 dan bertahan sampai sekarang.

"Kita prediksi hal ini akan bertahan hingga akhir tahun. Awalnya kita memprediksi jika Kepulauan Riau ini baru bisa mengungguli DKI di tahun 2020. Ternyata kita bisa melakukannya lebih cepat," kata Buralimar.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews