BTP Kirim 22 Mahasiswa Magang ke Hong Kong

BTP Kirim 22 Mahasiswa Magang ke Hong Kong

Mahasiswa Batam Tourism Politeknik yang dikirim magang ke Hong Kong. (FotoL istimewa)

Batam - Sebanyak 22 orang mahasiswa Batam Tourism Politeknik (BTP) Batam akan magang ke hotel bintang 5 di Hong Kong. Hotel tersebut diantaranya Ritz Carlton , W Hong Kong dan Intercontinental Hotel. 

Marketing Yayasan Vitka yang menaungi BTP, Anita mengatakan bahwa jumlah mahasiswa yang akan magang tersebut merupakan terbanyak dibandingkan tahun sebelumnya. 

"Yang ikut magang ini terdiri dari semua jurusan, mereka merupakan mahasiswa semester 3," ujar Anita di Kampus BTP, Selasa (16/7/2019). 

Anita menyebutkan untuk jurusan kuliner ada 9 orang mahasiswa, lalu 7 orang untuk jurusan food and baverage (F&B) serta 6 orang jurusan room division. Dua orang diantaranya merupakan mahasiswa yang mendapat beasiswa dari Pemerintah Daerah yaitu Natuna, Kepri dan Buton, Sulawesi Tenggara. 

"Selain magang ke Hong Kong, mahasiswa lainnya ada juga yang magang di Dubai, Langkawi Malaysia serta beberapa wilayah Indonesia, seperti di Bali, Yogyakarta dan Jakarta," katanya. 

Untuk lolos magang di Hong Kong bukan hal yang mudah, karena mahasiswa dari kampus lain dari berbagai negara juga ingin magang di negara tersebut. 

"Tempat magang mereka ditawarkan dari kampus, kemudian mahasiswa memilih dan ikut tes," katanya. 

Anita menjelaskan para mahasiswa harus mengikuti sejumlah tes yang ada, baik tes dari kampus maupun dari hotel masing-masing. 

"Pertama tes di kampus, lalu setelah itu apply CV dan jika lolos, pada tahap selanjutnya akan tes wawancara dari pihak hotel," katanya. 

Proses wawancara ini kata Anita ada yang langsung ataupun melalui aplikasi. Pihak HRD Hotel Ritz Carlton melakukan wawancara langsung saat menghadiri wisuda di BTP beberapa waktu lalu. Selebihnya wawancara melalui aplikasi skype. 

"Tanggal 19 Juli nanti mereka akan berangkat ke Hong Kong untuk magang selama 6 bulan," kata dia. 

Salah seorang mahasiswa, Melan Geby Anjani dari jurusan F&B mengatakan bahwa ia sengaja memilih Hong Kong karena melihat keberhasilan kakak tingkat yang sudah pernah magang di sana. 

Selain itu sebagai penerima mahasiswa, Geby juga didorong oleh Pemkab Natuna untuk dapat magang ke luar negeri. 

"Saya ingin punya pengalaman di luar negeri," ujar Geby. 

Mahasiswa lainnya, Yuvio Lin menambahkan bahwa untuk berangkat magang ke Hong Kong, dirinya sudah melakukan persiapan. Karena berharap dapat predikat best trainee seperti mahasiswa BTP yang magang sebelumnya. 

"Terutama di kuliner itu, atitude terjaga, dan juga harus rajin," ujarnya. 

Direktur BTP Muhammad Nur menharapkan dengan magang di Hong Kong, para mahasiswa mempunyai pengalaman di luar negeri. Dan memiliki koneksi ke dunia internasional. 

"Kedepan mereka bisa belajar tata cara, metode digital marketing, agar menjadi sukses," ujarnya. 

(ret)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews