Lompatan Orange Sky Management Beradaptasi di Dunia Perhotelan Batam

Lompatan Orange Sky Management Beradaptasi di Dunia Perhotelan Batam

Sky Inn Express Hotel, salah satu hotel bintang 2 di bawah OS Management. (Foto: ist)

Batam - Revolusi di semua bidang bisnis berlangsung dengan cepat, termasuk bisnis perhotelan. Sistem manajemen hotel konvensional kini telah berganti. Dalam hal ini pebisnis harus tepat menentukan langkah. Salah satunya mengubah sistem revenue sharing menjadi profit sharing.

CEO Orange Sky Management Company, Hartawan Hastan, mengatakan, pihaknya menjadi manajemen hotel pertama yang berbasis di Kota Batam sudah menerapkan hal ini

"Kebanyakan grup hotel-hotel di Batam kan manajemen luar Batam, Nah kamilah yang pertama. Banyak hotel-hotel yang kita lihat ramai, tapi profit untuk owner sedikit karena mereka menggunakan sistem tradisional yaitu revenue sharing. Mereka tidak fokus pada keuntungan owner," ujar Hastan, saat berbincang dengan batamnews, Selasa (23/4/2019).

OS Management Company juga menyediakan layanan pemeriksaan kesehatan finansial. Untuk memastikan sistem manajemen apa yang tepat untuk diterapkan.

 

 

"Tidak semua hotel yang terlihat ramai finansialnya sehat, ada juga yang sebaliknya. Maka kami memberikan pemeriksaan kesehatan finansial untuk mengetahui sistem seperti apa yang cocok diterapkan," terangnya.

Saat ini OS Management Company sudah membawahi 6 Hotel dengan dua konsep berbeda. Konsep yang pertama value dengan lima hotel di bawahnya. Dan konsep yang kedua adalah konsep Style dengan satu hotel saja yang dimiliki.

Hotel dengan konsep Value Hotel yang dikelola OS Managemnt Company adalah Sky View Hotel, Venesia Hotel, Sky Express Hotel, Sky Inn Hotel, D' Vin Hotel. Sedangkan konsep Style Hotel bisa dinikmati di OS Style Hotel yang berlokasi di Kecamatan Batu Aji.

Ada 459 room total kamar dari kelima hotel yang dinaungi oleh OS Management Company. Dari kedua konsep yang dimiliki, OS management saat ini lebih mengedepankan konsep value.
 
Konsep Value dipilih, mengingat kecenderungan pelanggan terhadap sebuah penginapan sudah berubah. Value merupakan sebuah hotel dengan konsep tempat persinggahan yang nyaman. Karena saat ini sudah banyak orang yang datang ke Batam, hanya untuk urusan bisnis atau transit saja. Jadi orang-orang seperti ini yang saat ini menjadi target OS, tidak hanya para wisatawan.

"Jadi kamar hotel yang kami kelola saat ini bisa penuh terus walaupun hari biasa. Kami mengutamakan tempat peristirahatan yang nyaman untuk mereka yang hanya membutuhkan waktu di hotel enam jam saja untuk istirahat. Seperti misalnya Ibu Presiden kemarin yang menggunakan kamar kami untuk singgah sebentar. Karena saat ini kami satu-satunya hotel yang memiliki akses dekat Bandara," ucapnya.

Hotel yang berada di bawah naungan OS Management Company sudah terhubung dengan berbagai agen travel, baik online maupun offline. Sehingga tamu yang datang tidak perlu repot datang langsung untuk melihat. Cukup hubungi agen travel yang tersedia, dan pilih konsep dan lokasi hotel yang diinginkan.

"Hampir semua agen travel di Batam terhubung dengan hotel kami jadi tidak perlu bingung," ucapnya.

"Kami memiliki orang-orang yang sangat berpengalaman tentang manajemen hotel di Batam. Jadi kami bisa yakinkan kualitasnya. Dan mereka adalah orang-orang yang paham perubahan kondisi konsumen saat ini," jelasnya.

Seperti manajemen di dua hotel dengan lokasi yang berbeda yang dikelola OS Management Hotel. Yaitu Sky View Hotel dan Venesia Hotel.

Walaupun memiliki jarak yang berdekatan di satu lingkup wilayah, namun kamar di dua hotel ini selalu penuh saat weekend maupun hari biasa.

Manager Hotel Venesia, David Boleng mengatakan tidak pernah ada saingan dalam manajemen di kedua hotel tersebut. Walaupun kedua hotel ini memiliki konsep value, namun fasilitas yang ditawarkan tetap lengkap. Seperti ruang meeting, restoran, dan juga spa.

"Justru gini, walaupun berdekatan tapi kedua hotel ini kan punya desain dan tata ruang yang berbeda, jadi tamu tidak akan jenuh. Dan kami justru bisa saling bantu. Kalau venesia penuh akan di arahkan ke Sky, begitupun sebaliknya," pungkasnya.

(das)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews