Anak Tiri Mantan PM Malaysia Tersangkut Pencucian Uang

Anak Tiri Mantan PM Malaysia Tersangkut Pencucian Uang

Riza Aziz. (Foto: Variety)

Kuala Lumpur - Jaksa Malaysia menuntut produser film Hollywood yang juga anak tiri mantan perdana menteri Malaysia Najib Razak dengan tindak pidana pencucian uang terkait perusahaan dana investasi negara, 1Malaysia Berhad (1MDB), Reuters melaporkan, Jumat (5/7/2019).

Para jaksa mengajukan lima tuntutan tindak pidana pencucian uang terhadap Riza Aziz, salah satu pendiri rumah produksi film Red Granit Pictures. Red Granit memproduksi film “The Wolf of Wall Street” yang mendapat nominasi Oscar.

Dia dibebaskan dengan jaminan setelah menyatakan diri tidak bersalah melakukan pencucian uang 248 juta dolar dari dana investasi negara 1MDB.

Riza Aziz adalah orang ketiga di dalam keluarganya yang menghadapi tuduhan terkait skandal di 1MDB.

Menurut lembar dakwaan, uang itu digelapkan dari 1MDB dan disalurkan ke rekening-rekening bank di perusahaannya di Hollywood, Red Granite Pictures Inc.

Apabila dinyatakan bersalah, Riza diancam hukuman hingga lima tahun penjara, atau denda, atau keduanya, atas masing-masing tuduhan.

Najib mendirikan 1MDB pada 2009 dan sekarang menghadapi 42 tuntutan pidana terkait kerugian besar pada perusahaan pengola dana itu dan lembaga negara lainnya. 

Najib sedang diadili atas tuduhan korupsi setelah ia kalah dalam pemilu lalu. Istrinya, Rosmah Mansor, juga menyatakan diri tidak bersalah melakukan pencucian uang yang dikaitkan dengan 1MDB. 

(*)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews