BMKG: Pagi Hingga Sore, Hujan Lokal Guyur Batam Pada Akhir Pekan

BMKG: Pagi Hingga Sore, Hujan Lokal Guyur Batam Pada Akhir Pekan

Ilustrasi.

Batam - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim memprediksi hujan lokal akan mengguyur Batam pada akhir pekan di minggu keempat April 2019.

"Ini hujannya bersifat lokal, jadi bisa saja merata di semua wilayah batam atau hanya di sebagian wilayah saja. Tapi kalau dilihat dari historis hujan beberapa minggu ini, hujan cukup merata di seluruh kota Batam," kata Forecaster BMKG Hang Nadim Batam, Nizam Mawardi, Jumat (26/4/2019).

Adanya MJO (Madden-Julian Oscillation) di wilayah Indonesia dan adanya shearline (belokan angin) di sekitar wilayah Kepri, mendukung pertumbuhan awan-awan konvektif. 

Selain itu, indeks labilitas udara sebagai indikator dalam kemunculan petir juga menunjukkan nilai yang cukup signifikan.

Hujan lokal untuk hari Sabtu akan diperkirakan terjadi mulai pukul 07.00 pagi hingga pukul 16.00 WIB dengan suhu udara 25 - 32 ° C. 

"Lusa juga masih berpotensi hujan di wilayah Batam," ucapnya.

Saat ditanya apakah hujan saat ini menandakan masuknya musim penghujan, Nizam mengelak. Menurutnya berdsarkan data BMKG, musim hujan baru akan terjadi Batam pada awal Mei. 

"Di wilayah Batam puncak hujannya sekitar Mei - Juni dan Desember - Januari. Memang dibandingkan dengan  Februari dan Maret, curah hujan bulan April relatif lebih tinggi," ujarnya. 

Namun curah hujan yang akan terjadi esok di perairan Kepri masih aman utuk perjalanan laut maupun udara. 

(das)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews