Tak Ada Warnet dan Minim Sinyal, Kades di Bintan Berjuang demi PPDB Online

Tak Ada Warnet dan Minim Sinyal, Kades di Bintan Berjuang demi PPDB Online

Ilustrasi.

Bintan - Sistem pendaftaran peserta didik baru (PPDB) online membuat sebagian warga di Desa Kuala Sempang, Kecamatan Seri Kuala Lobam bingung. Kebanyakan dari warga yang mayoritas petani di desa ini tak terbiasa dengan teknologi online, apalagi jaringan internet di lokasi ini terbilang jelek.

Keluhan ini ditanggapi serius oleh pihak Desa Kuala Sempang. Bahkan kadesnya, Mohammad Hatta langsung turun tangan. Dia mengerahkan aparaturnya untuk membantu para warga.

Kecamatan mengoperasikan perangkat komputer dan internet yang disiagakan untuk digunakan mendaftar PPDB online tersebut.

"Kami persilahkan warga untuk menggunakan fasilitas komputer dan internet dalam melakukan PPDB online. Kami juga siagakan aparatur desa untuk membantu mendaftarkan," ujarnya.

Beberapa kawasan di desa yang dipimpinnya masih banyak yang sulit mendapatkan sinyal internet. Namun di Kantor Desa Kuala Sempang dilengkapi beberapa perangkat komputer serta internet (wifi).

Semua fasilitas itu selain untuk memudahkan dalam pekerjaan aparaturnya, juga dapat dipergunakan untuk masyarakat umum untuk kepentingan yang positif.

"Fasilitas ini juga bisa digunakan masyarakat. Tapi untuk kegiatan positif apalagi untuk PPDB, pastinya kami dukung lah," jelasnya.

Warga Desa Kuala Sempang, Dollah mengaku banyak para orangtua yang mengeluhkan pendaftaran masuk sekolah secara online ini.

“Di sini tak ada warnet. Pakai HP susah juga masuknya karena tak ada sinyal," katanya.

Bagi warga-warga yang ingin mendaftarkan PPDB online anaknya bisa datangi kantor desa. Di sana sudah disediakan fasilitas untuk mendaftar yaitu komputer dan jaringan sinyal yang kuat.

"Di kantor desa ada fasilitas internet dan komputer. Pak kadesnya juga mengizinkan menggunakan fasilitas itu," ucapnya.

(ary)